PIALA AFF

Vietnam Selidiki Lagu Kebangsaan Tak Bisa Didengar di Youtube

CNN Indonesia
Selasa, 07 Dec 2021 14:17 WIB
Vietnam disebut sedang melakukan penyelidikan terkait dimatikannya lagu kebangsaan Ilustrasi timnas Vietnam. (Mohd RASFAN / AFP)
Jakarta, CNN Indonesia --

Federasi Sepak Bola Vietnam (VFF) disebut sedang melakukan penyelidikan terkait tak bisa didengarnya lagu kebangsaan "Tien Quan Ca" dalam platform Youtube saat menghadapi Laos pada laga Grup B Piala AFF 2021 di Stadion Bishan, Senin (6/12).

Dikutip dari Vietnamplus, insiden lagu kebangsaan tak bisa didengar itu terjadi pada platform YouTube. Saat para pemain Vietnam melakukan prosesi penghormatan karena lagu kebangsaan berlangsung, muncul pesan terkait dibisukannya lagu nasional tersebut.

"Karena hak cipta musik, kami terpaksa membisukan bagian upacara bendera. Setelah upacara pengibaran bendera, sinyal audio akan kembali normal. Kami mohon pengertian dan pengertiannya," tulis pesan itu.


Menurut laporan tersebut, lagu kebangsaan Vietnam itu hanya dimatikan pada saluran YouTube.

Berdasarkan keterangan seroang pejabat VFF, lagu kebangsaan Vietnam yang digunakan di Piala AFF 2021 diambil panitia penyelenggara dari situs Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC).

Lagu tersebut bisa diakses di situs AFC karena disediakan VFF setelah mendapat izin dan diambil dari situs pemerintah Republik Sosialis Vietnam.

Timnas Indonesia kalah 1-3 dari Vietnam pada laga keempat Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022 di Stadion I Wayan Dipta, Gianyar, Selasa (15/10).Vietnam lakukan penyelidikan soal lagu kebangsaan yang hilang di Piala AFF. (Dok. PSSI)

Hilangnya lagu kebangsaan dari saluran YouTube itu dikabarkan mengundang kemarahan publik. Salah satu pemimpin senior di VFF sedang menyelidik proses penggunaan lagu kebangsaan di Piala AFF guna menyelesaikan kasus tersebut.

Dalam waktu dekat VFF juga akan mengirimkan rekaman baru kepada panitia penyelenggara Piala AFF 2020 guna menuntaskan problem tersebut.

[Gambas:Video CNN]

Masalah hilangnya lagu kebangsaan ini bukan hal baru bagi Vietnam. Pada laga melawan Arab Saudi, 16 November, saluran YouTube FPT yang memiliki hak siar juga tidak bisa mengaktifkan mode monetisasi karena pertandingan itu menggunakan rekaman "Tien Quan Ca" milik label rekaman asing.

Pada laga pertama Grup B melawan Laos, Vietnam menang 2-0 lewat gol Nguyen Cong Phuong pada menit ke-26 dan Phan Van Duc pada menit ke-55.



(sry/jal)
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER