Piala AFF: Asa Trio Fandi Buat Sejarah bagi Singapura

CNN Indonesia
Selasa, 07 Dec 2021 14:40 WIB
Tiga anak dari legenda timnas Singapura, Fandi Ahmad akan berupaya meraih gelar di Piala AFF 2020. Irfan Fandi jadi tulang punggung Singapura di Piala AFF 2020. (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)
Jakarta, CNN Indonesia --

Sebagai pemain dan pelatih, Fandi Ahmad tak pernah mempersembahkan Piala AFF untuk Singapura. Kini asa itu terbuka lewat trio Fandi bersaudara di Piala AFF 2020.

Ketiga bersaudara itu adalah Irfan Fandi, Ikhsan Fandi, dan Ilhan Fandi. Irfan yang tertua (24 tahun) jadi bek, Ikhsan (22 tahun) seorang striker, sedangkan Ilhan yang termuda (19 tahun) juga striker.

Dari ketiga pemain ini, hanya Ilhan yang belum tampil di Piala AFF. Saat Singapura menang 3-0 atas Myanmar, Ilhan tak tampil. Pada saat yang sama sang kakak Irfan menyumbang dua gol.


Pelatih Singapura Tatsuma Yoshida mengatakan ragu-ragu trio bersaudara ini bisa tampil bersama. Namun kans selalu terbuka, selama itu untuk kebutuhan atau kebaikan Singapura akan dilakukan.

"Saya tidak bisa menjanjikan pemilihan siapa pun, dan mereka mungkin atau tak mungkin bermain bersama di Piala AFF, tetapi tidak ada keraguan tentang potensi trio Fandi," kata Yoshida dilansir dari Asia One.

Ikhsan Fandi Ahmad (L) of Singapore fights for the ball with Htike Htike Aung (C) of Myanmar during their men's football Group A round match at the 29th Southeast Asian Games (SEA Games) at Selayang Stadium, outside Kuala Lumpur, on August 14, 2017. / AFP PHOTO / MANAN VATSYAYANAIkhsan Fandi jadi andalan di lini depan Singapura. (AFP PHOTO / MANAN VATSYAYANA)

Irfan yang telah memiliki 31 caps untuk Singapura dan menyumbang satu gol, menyebut Piala AFF 2020 sebagai momen istimewa. Dalam ajang ini untuk pertama trio Fandi ini bisa membela Singapura.

"Saya dan Ikhsan lebih dahulu, lalu saya dan Ilhan tampil di kualifikasi Piala Dunia pada Juni. Sekarang kami bertiga berada di skuad yang sama, itu menyenangkan," ucap Irfan.

Ikhsan saat ini memiliki karier paling mentereng karena tampil di Eropa. Saat ini Ikhsan membela klub Denmark FK Jerv. Ia sudah melesakkan tujuh gol dari 32 pertandingan.

Ikhsan mengisahkan, saat masih belia mereka selalu main bersama dalam satu tim. Menurut Ikhsan mereka selalu masuk daftar pencetak gol di tim dan kejuaraan.

"Ilhan dan saya selalu punya rencana bahwa saya akan bermain sebagai No. 9 dan Ilhan akan bermain di belakang saya seperti No. 10, karena dia mengincar umpan dan assist yang bagus," kata Ikhsan.

"Mungkin kami bisa menghidupkannya kembali di Piala AFF ini. Hal baiknya adalah kami semua memiliki koneksi yang baik, kami berharap banyak dari satu sama lain," ucap pemain setinggi 183 centimeter ini.

Ilhan mengaku tak tertekan dengan kualitas dua kakaknya. Malah pemain yang melesakkan tujuh gol dari 18 laga Young Lions pada musim 2021 ini terlecut untuk meraih prestasi.

"Kami di sini untuk bermain dan ingin menikmati momen karena ini turnamen bergengsi. Kakak-kakak saya mengatakan untuk melakukan yang terbaik dan membiarkan sepak bola saya yang berbicara," katanya.

Satu kesamaan yang dibicarakan komentator sepak bola dan penggemar di media sosial tentang trio Fandi ini: tinggi, tampan, dan atletis. Total pengikut Instagram ketiganya adalah 212.000.

Dengan kelebihannya masing-masing trio Fandi ingin mengukir sejarah untuk Singapura. Mereka ingin setara dengan Thailand, mengoleksi lima gelar Piala AFF sejak digelar pada 1996.

[Gambas:Video CNN]

(abd/jal)
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER