6 Tim Tidak Pakai Ban Kapten Pelangi di Piala AFF

CNN Indonesia
Selasa, 07 Dec 2021 15:17 WIB
Sebanyak enam tim tidak mengenakan ban kapten pelangi atau rainbow armband pada pertandingan Piala AFF 2021 di Singapura. Timnas Indonesia tolak pakai ban kapten pelangi di Piala AFF. (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/wsj)
Jakarta, CNN Indonesia --

Sebanyak enam tim tidak mengenakan ban kapten pelangi atau rainbow armband pada pertandingan Piala AFF 2021 di Singapura.

Hal itu terlihat saat tim-tim tersebut melakoni pertandingan pertama di fase grup sejak Minggu (5/12).

Pengunnaan ban kapten pelangi itu sebagai bentuk dukungan LGBT atau kesetaraan kepada semua pihak melalui Piala AFF 2021.


Pada laga pembuka yang menampilkan duel Timor Leste vs Thailand di Stadion Nasional, kapten Timor Leste Armindo De Almeida mengenakan ban kapten putih.

Berbeda dengan Timor Leste, kapten Thailan Teerasil Dangda mengenakan ban kapten pelangi. Dalam video yang diunggah akun resmi timnas Thailand, pelatih Alexandre Polking jadi sosok yang mengenakan rainbow armband itu kepada Teerasil.

Pada laga kedua yang mempertemukan tuan rumah Singapura dengan Myanmar, giliran tim tamu yang mengenakan ban kapten pelangi melalui Maung Lwin.

Thai football player Teerasil Dangda celebrates scoring a goal against Australia during the 2018 World Cup football qualifying match between Thailand and Australia in Bangkok on November 15, 2016.  / AFP PHOTO / LILLIAN SUWANRUMPHAKapten Thailand Teerasil Dangda pakai ban kapten pelangi di Piala AFF 2021. (AFP PHOTO / LILLIAN SUWANRUMPHA)

Sementara itu, kapten yang juga gelandang timnas Singapura Hariss Harun mengenakan ban kapten putih yang kontras dengan seragam merah mereka.

Duel Kamboja vs Malaysia di Grup B juga memperlihatkan salah satu kapten tim mengenakan ban pelangi yang dilakoni Soeuy Visal, sedangkan kapten Malaysia Aidil Zafuan memilih ban kapten warna terang.

Perbedaan terjadi pada pertandingan Laos vs Vietnam. Duel kedua di Grup itu berbeda dengan tiga pertandingan sebelumnya.

[Gambas:Video CNN]

Baik kapten timnas Laos dan Vietnam sama-sama tidak mengenakan ban kapten pelangi. Kapten Vietnam Luong Xuan Truong mengenakan ban kapten oranye, sedangkan kapten Laos Souk Aphone Vongchiengkham memilih warna terang.

Sampai dengan saat ini hanya Timnas Indonesia dan Filipina yang belum melakoni pertandingan. Akan tetapi sikap Timnas Indonesia jelas, menegaskan tidak akan mengenakan ban kapten pelangi di Piala AFF. Hal itu dikatakan langsung Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan.

"Kami tidak akan pakai [ban kapten pelangi]," kata Iriawan kepada CNNIndonesia.com.

(sry/sry)
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER