Alex Sebut Honda Terpuruk di MotoGP Gara-gara Kecelakaan Marquez

CNN Indonesia
Kamis, 09 Dec 2021 21:01 WIB
Alex Marquez mengakui Honda terpuruk di MotoGP sejak Marc Marquez mengalami kecelakaan di MotoGP Barcelona di Sirkuit Jerez, pada musim 2020. Alex Marquez sebut Honda terpuruk gara-gara Marc Marquez. (Dorna Sports)
Jakarta, CNN Indonesia --

Alex Marquez mengakui Honda terpuruk di MotoGP sejak Marc Marquez mengalami kecelakaan di MotoGP Barcelona di Sirkuit Jerez, pada musim 2020.

Setelah berjaya pada musim 2019, Honda gagal bersaing dengan sejumlah tim pabrikan. Dari klasemen konstruktor, Honda di posisi kelima pada MotoGP 2020 di bawah KTM, Suzuki, Yamaha, dan Ducati.

Pada musim berikutnya Honda hanya naik satu peringkat ke posisi keempat. Penurunan itu tidak lain karena Marquez yang absen panjang usai operasi lengan kanan.


"Tidak dapat dihindari, memperhatikan bagaimana semua orang di Honda dalam kondisi buruk setelah kecelakaan Jerez karena pembalap yang jadi referensi hilang," ujar Alex dikutip dari Motosan.

Setelah absen selama satu musim pada 2020, Marquez kembali membalap pada MotoGP 2021 ketika tampil di MotoGP Portugal.

Repsol Honda Team's Spanish rider Marc Marquez gets ready to take part in the third MotoGP free practice session of the Andalucia Grand Prix at the Jerez race track in Jerez de la Frontera on July 25, 2020. (Photo by JAVIER SORIANO / AFP)Marc Marquez memenangi tiga balapan pada musim lalu usai pulih dari cedera panjang. (AFP/JAVIER SORIANO)

Selama musim lalu, Marquez tampil dalam 14 seri dengan empat kali podium, tiga di antaranya jadi pemenang, sebelum kembali absen karena kelumpuhan saraf mata.

Meski Marquez memenangi tiga balapan, namun di mata Alex hasil itu tidak memberikan banyak perubahan di Honda.

[Gambas:Video CNN]

"Setelah [Marquez] kembali, Honda menyadari bahwa arah pengembangan yang benar belum terjadi," tutur Alex.

Saat ini Marquez tengah dalam masa pemulihan diplopia yang membuatnya absen pada dua balapan terakhir di MotoGP 2021. Cedera itu didapat Marquez setelah kecelakaan saat tengah berlatih menggunakan motor trail.



(sry/ptr)
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER