KALEIDOSKOP 2021

5 Momen Terbaik Dunia Olahraga di 2021

ptr | CNN Indonesia
Jumat, 31 Dec 2021 10:19 WIB
Tahun 2021 yang diwarnai beragam peristiwa olahraga menarik, mulai dari Euro 2020 hingga Piala Thomas. Indonesia berhasil memenangkan Thomas Cup 2020 di 2021. (REUTERS/RITZAU SCANPIX)
Jakarta, CNN Indonesia --

Tahun 2021 yang diwarnai beragam peristiwa olahraga menarik, mulai dari Euro 2020 hingga Piala Thomas. Berikut lima momen terbaik dunia olahraga di 2021.

Setelah sempat terganggu oleh pandemi covid-19 di 2020, dunia olahraga mulai terlihat berdenyut seperti sedia kala di tahun ini.

Sejumlah agenda besar yang seharusnya dilaksanakan pada 2020 seperti Piala Eropa dan Olimpiade pun akhirnya bisa digelar di 2021.


Tak hanya itu, seri turnamen dan kompetisi rutin pun juga bisa bergulir lancar seperti MotoGP dan Formula 1 meski masih ada sejumlah seri yang dibatalkan.

Geliat dan kesibukan yang sama juga dirasakan di arena bela diri. UFC sudah berjalan seperti biasa sedangkan gelaran tinju dunia juga sudah sibuk sejak awal hingga akhir tahun.

Dari sekian banyak momen-momen hebat dan dahsyat di dunia olahraga, berikut lima momen terbaik di dunia olahraga pada 2021:

1. Italia Juara Piala Eropa di Stadion Wembley

Final Piala Eropa (Euro) 2020 yang berlangsung di tahun 2021 ini mempertemukan duel antara dua tim dengan tradisi kuat yaitu Italia dan Inggris.

Soccer Football - Euro 2020 - Final - Italy v England - Wembley Stadium, London, Britain - July 11, 2021 Italy's Leonardo Bonucci and Giorgio Chiellini celebrate with the trophy after winning Euro 2020 with teammates Pool via REUTERS/Andy RainTimnas Italia berhasil jadi juara Piala Eropa dengan mengalahkan Inggris di Wembley. (Pool via REUTERS/ANDY RAIN)

Inggris yang juga bertindak sebagai tuan rumah mendapat dukungan penuh dari suporter. Selama laga berlangsung 120 menit, skor imbang 1-1 sehingga duel berlanjut ke adu penalti.

Inggris lebih dulu bersorak karena Andrea Belotti gagal mencetak gol sedangkan Harry Maguire sukses menunaikan tugasnya sehingga skor 2-1 untuk Three Lions di drama adu penalti.

Namun kemudian Marcus Rashford dan Jadon Sancho gagal di kesempatan berikutnya sedangkan Leonardo Bonucci dan Federico Bernardeschi sukses menunaikan tugasnya.

Inggris sempat punya harapan ketika Jorginho gagal menentukan kemenangan Italia di tendangan kelima, tetapi kemudian kemenangan tetap jadi milik Italia lantaran Bukayo Saka gagal menyamakan kedudukan.

2. Max Verstappen Juara Dunia F1 2021

Keberhasilan Max Verstappen jadi juara dunia F1 2021 terjadi dengan cara yang dramatis.

Red Bull driver Max Verstappen of the Netherlands celebrates after he became the world champion after winning the Formula One Abu Dhabi Grand Prix in Abu Dhabi, United Arab Emirates, Sunday, Dec. 12, 2021, (AP Photo/Hassan Ammar)Max Verstappen berhasil jadi juara dunia lewat kemenangan dramatis. (AP/Hassan Ammar)

Sebelum balapan di seri terakhir F1 GP Abu Dhabi, Verstappen dan Hamilton punya nilai yang sama.

Saat balapan tersisa empat lap, Hamilton sudah memimpin jauh di depan. Namun kemudian pembalap Williams, Nicholas Latifi mengalami kecelakaan menabrak pembatas dengan empat lap tersisa. Hal itu berdampak pada kemunculan safety car di lintasan.

Verstappen yang punya kondisi ban lebih bagus, ditambah jarak yang kembali rapat, akhirnya bisa menyusul Hamilton di lap terakhir ketika safety car sudah meninggalkan lintasan.

Kemenangan Verstappen ini membuat Hamilton untuk sementara harus menunda mimpinya berdiri sendirian sebagai pemegang rekor juara dunia F1 terbanyak.

3. Indonesia Juara Piala Thomas

Indonesia berhasil memenangi Piala Thomas 2020 merupakan salah satu momen terbaik di tahun ini.

Datang ke Denmark dengan kekecewaan besar lantaran gagal di Piala Sudirman, Indonesia secara bertahap mampu bangkit di Piala Thomas.

Indonesia sempat harus bersusah payah ketika mengalahkan Thailand dan Taiwan di fase grup dengan skor 3-2.

Di babak perempat final, Indonesia berjumpa Malaysia dan mampu menang telak 3-0.

Banner Testimoni

Ujian berat ketika Indonesia harus menghadapi tuan rumah Denmark di babak semifinal. Denmark dikenal memiliki barisan tunggal putra papan atas.

Tetapi Indonesia bisa melewati adangan Denmark dengan kemenangan meyakinkan 3-1.

Di babak final, mimpi Indonesia untuk mengakhiri puasa panjang memenangi Piala Thomas akhirnya terwujud. Indonesia sukses mengalahkan China yang jadi batu sandungan terakhir dengan skor telak 3-0.

Baca lanjutan berita ini di halaman berikut >>>

Emas Bersama Olimpiade Tokyo

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER