3 Syarat Timnas Indonesia Lolos ke Final Piala AFF

CNN Indonesia
Rabu, 22 Des 2021 22:03 WIB
Timnas Indonesia harus puas dengan hasil imbang 1-1 melawan Singapura pada leg pertama semifinal Piala AFF 2020 (2021). Timnas Indonesia bermain imbang 1-1 melawan Singapura. (AFP/ROSLAN RAHMAN)
Jakarta, CNN Indonesia --

Timnas Indonesia harus puas dengan hasil imbang 1-1 melawan Singapura pada leg pertama semifinal Piala AFF 2020 (2021) di Stadion Nasional, Kallang, Rabu (22/12) malam WIB.

Timnas Indonesia berhasil unggul lebih dulu di pertandingan ini. Gol yang membawa tim Merah Putih unggul 1-0 dicetak Witan Sulaeman pada menit ke-28.

Witan membobol gawang Singapura usai menerima umpan terukur Asnawi Mangkualam di dalam kotak penalti. Sontekan terarah Witan menggetarkan gawang The Lions.


Namun keunggulan itu tidak mampu dipertahankan oleh anak asuh Shin Tae Yong. Singapura yang tampil agresif bisa menyamakan kedudukan pada pertengahan babak kedua.

Kesalahan yang dilakukan para pemain Timnas Indonesia bisa dimaksimalkan pasukan tuan rumah. Umpan terobosan Faris Ramli diselesaikan Ikhsan Fandi yang membuat skor 1-1 bertahan hingga laga usai.

Skor imbang 1-1 membuat perjuangan Timnas Indonesia lolos ke final Piala AFF 2020 tidak akan mudah. Hal ini dikarenakan tidak diberlakukannya aturan gol tandang karena turnamen kali ini berlangsung secara terpusat di Singapura karena pandemi Covid-19 sesuai regulasi pada poin 15.3.1.

Dalam aturan yang sama juga disebutkan tidak ada perpanjangan waktu atau extra time pada pertandingan leg pertama. Jika kedudukan masih imbang secara agregat pada leg kedua, baru diadakan babak perpanjangan waktu.

Perpanjangan waktu berlangsung dalam waktu 2x15 menit. Jika hasilnya masih sama kuat, penentuan tim yang akan melaju ke partai final lewat adu penalti.

Dengan kondisi demikian, Timnas Indonesia punya tiga syarat untuk melaju ke partai final yakni waktu normal, perpanjangan waktu, dan adu penalti.

Kendati punya tiga cara untuk lolos ke final Piala AFF 2020, Timnas Indonesia akan lebih baik untuk bisa langsung mengamankan langkah lewat kemenangan melalui waktu normal 2x45 menit di leg kedua kontra tim yang diarsiteki Tatsuma Yoshida.

Duel Timnas Indonesia vs Singapura pada leg kedua semifinal Piala AFF 2020 akan berlangsung di Stadion Nasional pada Sabtu (25/12) mendatang.

[Gambas:Video CNN]

(jal/jal)
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER