Jadwal Tes Resmi MotoGP 2022 di Sirkuit Mandalika

CNN Indonesia
Sabtu, 25 Dec 2021 17:31 WIB
Tes resmi MotoGP 2022 di Sirkuit Mandalika akan digelar pada Jumat (11/2) - Minggu (13/2) 2022 mendatang. Berikut jadwal tes resmi MotoGP musim 2022. Tes resmi MotoGP di Sirkuit Mandalika digelar pertengahan Februari. (CNNIndonesia/Adi Ibrahim)
Jakarta, CNN Indonesia --

Tes resmi MotoGP 2022 di Sirkuit Mandalika akan digelar pada Jumat (11/2) - Minggu (13/2) 2022 mendatang. Berikut jadwal tes resmi MotoGP musim 2022.

Pagelaran MotoGP musim baru hanya tinggal menunggu waktu. Berdasarkan jadwal yang disusun Dorna Sports, MotoGP 2022 dimulai pada 6 Maret dengan seri MotoGP Qatar di Sirkuit Losail jadi pembuka.

Dilanjutkan dengan MotoGP Indonesia di Sirkuit Mandalika pada 20 Maret dan MotoGP Argentina di Sirkuit Termas de Rio Hondo sebagai tiga seri awal.


Sebelum balapan dimulai, para pembalap akan memiliki kesempatan melakoni tes di sejumlah sirkuit. Khusus untuk awal musim, terdapat dua tes yang kebetulan dilangsungkan di Asia Tenggara: Malaysia dan Indonesia. Sisanya digelar di Eropa pada pertengahan dan juga menjelang akhir musim.

Tes di Sirkuit Sepang akan jadi pembuka. Dikutip dari GP One, sebelum tes resmi yang bisa diikuti seluruh pembalap, akan ada tes shakedown yang hanya diperuntukkan bagi tim pabrikan musim ini.

Repsol Honda Team's Spanish rider Marc Marquez takes a corner during the last day of the pre-season MotoGP winter test at the Sepang International Circuit in Sepang on February 9, 2020. (Photo by Mohd RASFAN / AFP)Sirkuit Sepang jadi pembuka tes resmi MotoGP 2022. (Mohd RASFAN / AFP)

Shakedown test itu akan dilangsungkan pada 31 Januari sampai 2 Februari, atau tiga hari sebelum tes resmi bagi seluruh pembalap.

Rangakaian tes itu berlanjut pada tes resmi di Sepang pada 5-6 Fabruari. Dari Malaysia, perjalanan pembalap jelang MotoGP 2022 bersambung ke tes di Sirkuit Mandalika pada 11-13 Februari sebelum dimulainya musim ini dengan MotoGP Qatar pada 6 Maret mendatang.

Sesi tes resmi MotoGP akan kembali dilanjutkan pada 2 Mei di Sirkuit Jerez ataus etelah MotoGP Spanyol di Sirkuit Jerez pada 1 Mei.

Setelah tiga balapan di Eropa: MotoGP Prancis, MotoGP Italia, dan MotoGP Catalunya, tes resmi kembali hadir di Sirkuit Barcelona, 6 Juni.

Sejauh ini tes di Sirkuit Misano jadi yang terakhir, yaitu pada 6-7 September, setelah MotoGP San Marino di Sirkuit Misano, atau sebelum MotoGP Aragon di Sirkuit Aragon.

Dalam laporan GP One tersebut, MotoGP Indonesia 2022 masih dalam perhatian khusus karena menunggu homologasi. Selain MotoGP Indonesia, MotoGP Finlandia di Sirkuit KymiRing juga tergantung homologasi.

[Gambas:Video CNN]

Jadwal Tes Resmi MotoGP 2022:

- Tes shakedown: 31 Januari - 2 Februari di Sirkuit Sepang
- Tes Sepang (5 - 6 Februari)
- Tes Mandalika (11 - 13 Februari)
- Tes Jerez (2 Mei)
- Tes Barcelona (6 Juni)
- Tes Misano (6 - 7 September)

(sry)
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER