5 Tokoh Raih Satyalancana Darma Olahraga

ptr | CNN Indonesia
Senin, 27 Dec 2021 15:23 WIB
Lima tokoh dari dunia olahraga mendapat penghargaan Satyalancana Darma Olahraga dari Presiden Republik Indonesia. Ni Nengah Widiasih jadi salah satu sosok yang menerima penghargaan Satyalancana Dharma Olahraga. ( Dok. NPC Indonesia)
Jakarta, CNN Indonesia --

Lima tokoh olahraga meraih medali Satyalancana Darma Olahraga dari Presiden Republik Indonesia yang secara simbolis diberikan Menpora Zainudin Amali di Kemenpora, Senin (27/12).

Kelima atlet dan mantan atlet tersebut adalah Tri Kusharjanto, Sony Dwi Kuncoro, dan Eng Hian dari cabang olahraga bulutangkis, kemudian Ni Nengah Widiasih dan Coni Ruswanto dari cabang olahraga angkat besi.

Trikus pernah meraih medali perak Olimpiade saat bermain sedangkan Sony dan Eng Hian sempat merebut medali perunggu Olimpiade. Sebagai pelatih, Eng Hian juga turut mengantar Greysia Polii/Apriyani Rahayu meraih emas Olimpiade Tokyo.


Sedangkan Ni Nengah adalah atlet yang memiliki koleksi satu perak dan satu perunggu di Paralimpiade. Sementara Coni Ruswanto adalah pelatih powerlifting di NPC.

Atas gelar ini, kelimanya sama-sama mendapat uang penghargaan sebesar Rp40 juta.

Dalam kegiatan tersebut Menpora juga memberi penghargaan kepada pengurus olahraga berprestasi 2021. Mereka itu adalah PB PABSI, PP PBSI, dan National Paralympic Committee (NPC).

PBSI mendapat ganjaran sebesar Rp10 miliar, NPC sebesar Rp5 miliar, dan PABSI Rp1,25 miliar.

Ketua Umum PP PBSI Agung Firman Sampurna dalam sambutannya mengatakan, menyebut gelar ini menjadi motivasi untuk lebih meraih prestasi di tingkat internasional. PBSI berjanji akan menjadikan gelar ini sebagai motivasi.

"Mari bangkit bersama, angkat olahraga nasional berprestasi di tingkat dunia," kata Agung saat memberikan sambutan.

Banner Testimoni

Dalam sambutannya Amali menyampaikan selamat kepada mantan atlet dan pengurus yang dapat anugerah. Amali mengatakan, semoga penghargaan ini memacu para atlet untuk semakin berprestasi.

"Tidak cukup kita membina para atlet, tetapi harus ada pula apresiasi prestasi. Dalam hal ini negara hadir. Salam hangat dari presiden. Beliau menyampaikan untuk terus meningkatkan prestasi internasional," kata Amali.

[Gambas:Video CNN]



(abd/ptr)
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER