Rumor MotoGP: Honda Disebut Incar Mir Jadi Pengganti Marquez

CNN Indonesia
Rabu, 05 Jan 2022 15:00 WIB
Honda disebut tengah berupaya keras membidik pembalap Suzuki Joan Mir sebagai pengganti Marc Marquez jelang MotoGP 2022. Joan Mir (kanan) ingin dijadikan pengganti Marc Marquez. (Dorna Sports)
Jakarta, CNN Indonesia --

Honda disebut tengah berupaya keras membidik pembalap Suzuki Joan Mir sebagai pengganti Marc Marquez jelang MotoGP 2022.

Sejauh ini Marc Marquez masih dalam pemulihan akibat diplopia atau penglihatan ganda akibat berlatih dengan motor trail pada musim lalu.

Pemulihan yang masih berjalan itu membuat Marquez absen pada tes resmi MotoGP awal musim. Di sebut tidak ingin berlarut dengan cedera yang dialami Marquez, Honda mulai membidik sejumlah nama, menurut laporan Crash.


Dua pembalap yang diincar Honda adalah Fabio Quartararo dan Joan Mir yang sama-sama juara dunia MotoGP. Akan tetapi, nama Mir disebut lebih mungkin pindah ke Honda.

Yamaha French rider Fabio Quartararo rides during the second MotoGP free practice session of the Portuguese Grand Prix at the Algarve International Circuit in Portimao on November 5, 2021. (Photo by PATRICIA DE MELO MOREIRA / AFP)Fabio Quartararo jadi pembalap lain yang diincar Honda. (AFP/PATRICIA DE MELO MOREIRA)

"Honda berusaha mati-matian merekrut pebalap pemenang dan itu adalah hal yang benar untuk dilakukan. Ada dua nama: Quartararo dan Mir," ujar pengamat MotoGP Carlo Pernat.

"Kemungkinan besar Joan akan berakhir di sana [di Honda], karena dia lebih murah dan dia orang yang tepat," ucap Pernat menambahkan.

[Gambas:Video CNN]

Sejumlah faktor disebut jadi dasar bagi Honda fokus pada Joan Mir. Selain karena Suzuki melakukan sedikit pengembangan pada musim lalu, potensi Mir merupakan alasan Honda menginginkan pembalap asal Spanyol itu.

Pasalnya, dengan pengembangan yang minim dari Suzuki, Mir masih bisa finis pada urutan ketiga klasemen pembalap MotoGP 2021.

"Ini akan menjadi hal [transfer] yang cukup cepat, saya percaya bahwa pada awal kejuaraan dunia operasi mungkin sudah selesai, atau hampir selesai," kata Pernat.

Sejauh ini lineup pembalap Honda masih diisi Pol Espargaro dan Marc Marquez. Akan tetapi, dalam dua musim terakhir pencapaian Honda gagal maksimal karena terus mengandalkan Marquez yang masih dililit masalah cedera.



(sry/ptr)
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER