Cerita Legenda Balap Motor Sedih Pensiun Gara-gara Rossi

CNN Indonesia
Jumat, 14 Jan 2022 00:35 WIB
Mantan pembalap MotoGP Valentino Rossi membuat legenda balap motor asal Italia, Jorge 'Aspar' Martinez pensiun pada 1997 silam. Valentino Rossi membuat legenda balap motor pensiun. (Dorna Sports)
Jakarta, CNN Indonesia --

Mantan pembalap MotoGP Valentino Rossi membuat legenda balap motor asal Spanyol, Jorge 'Aspar' Martinez pensiun pada 1997 silam.

Momen itu terjadi pada 1996, musim perdana Rossi tampil di kejuaraan dunia balap motor, yaitu kelas 125cc.

Aspar dan Rossi sama-sama menggunakan motor Aprilia pada tahun tersebut. Akan tetapi, pada balapan pertama Malaysia, Aspar gagal finis sedangkan Rossi finis keenam.


"Valentino Rossi tiba di kejuaraan dunia pada 1996, dia menang atas saya dalam balapan pertamanya. Tahun berikutnya dia finis pertama [di Italia] dan saya yang kedua," ujar Martinez dikutip dari Corsedimoto.

"Di Austria saya jatuh dan semuanya mulai berubah secara progresif. Dan jelas saya melihat Valentino membuat langkah besar, baik dia maupun Aprilia, yang melihat seorang pembalap muda yang berbeda dan mulai bertaruh lebih banyak padanya," ucap Martinez melanjutkan.

MotoGP rider Valentino Rossi of Italy steers his motorcycle during the Valencia Motorcycle Grand Prix, the last race of the season, at the Ricardo Tormo circuit in Cheste, near Valencia, Spain, Sunday, Nov. 14, 2021. (AP Photo/Alberto Saiz)Valentino Rossi kini pensiun dari MotoGP usai kalah bersaing dengan pembalap muda. (AP/Alberto Saiz)

Rossi finis kesembilan pada musim pertama di kekas 125cc. Tetapi pada musim kedua, 1997, pembalap kelahiran Tavullia itu tampil menggila dengan meraih gelar juara dunia.

Pencapaian The Doctor itu juga yang membuat Martinez memilih pensiun. Martinez mengaku sedih karena harus pensiun dari balap motor.

[Gambas:Video CNN]

"Dia membuat saya mengambil keputusan untuk pensiun. Saya senang karena saya berhasil pensiun. Tapi sedikit sedih, karena saya pikir saya masih bisa balapan untuk satu tahun lagi," kata Martinez.

Dalam kariernya Jorge Martinez tercatat empat kali memenangi grand prix pada pertengahan hingga akhir era 1980an. Menariknya, kemenangan itu diraih Martinez secara beruntun sejak 1986 hingga 1988. pada 1988 Martinez juara pada dua kelas berbeda, 80cc dan 125cc.

Apa yang pernah dialami Martinez kini terjadi pada Rossi. Ketika MotoGP memilih sejumlah pembalap muda potensial seperti Enea Bastianini dan Luca Marini, Rossi kini harus mengambil keputusan pensiun.



(sry/nva)
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER