CEO Dorna Pamer Sukses WSBK Mandalika Jelang MotoGP di Indonesia

CNN Indonesia
Jumat, 14 Jan 2022 12:37 WIB
CEO Dorna Sports, Carmelo Ezpeleta, memamerkan sukses WSBK Mandalika di Indonesia dalam Forum EFE Sport Business Days. Indonesia sukses menggelar WSBK Mandalika. (CNN Indonesia/Adi Maulana Ibrahim)
Jakarta, CNN Indonesia --

CEO Dorna Sports, Carmelo Ezpeleta, memamerkan sukses WSBK Mandalika di Indonesia pada November 2021 dalam Forum EFE Sport Business Days di Spanyol, Kamis (13/1).

Ezpeleta mengatakan sukses Indonesia menggelar balapan WSBK Mandalika akhir tahun lalu merupakan contoh ajang balap motor internasional bisa digelar di kawasan jauh dari Eropa tanpa regulasi yang super ketat.

Pria asal Spanyol itu mengatakan MotoGP 2022 musim ini bisa digelar tanpa peraturan ketat, terutama karantina yang panjang. Ezpeleta meminta negara-negara tuan rumah MotoGP 2022 mencontoh sukses Indonesia dalam menggelar WSBK Mandalika, yang juga dikelola Dorna Sports.


"Mereka dapat meminta kami untuk menunjukkan sertifikat vaksinasi atau dokumentasi yang telah kami lakukan musim lalu. Itu mengapa penting untuk pergi ke Amerika Serikat sebagai contoh yang bisa dikatakan ke negara-negara lain," ucap Ezpeleta dikutip dari Mundo Deportivo.

"Apa telah dilakukan di Amerika Serikat dan juga Malaysia atau Indonesia, di mana kami juga pergi ke sana dengan sistem yang sama untuk balapan terakhir Superbike [WSBK Mandalika], dan itu membuktikan sistem kami berhasil. Jadi saya pikir itu akan menjadi batasnya," ujar Ezpeleta bersikeras.

Ezpeleta kemudian memastikan Dorna Sports menolak kerjasama dengan suatu negara yang menerapkan peraturan super ketat di tengah pandemi Covid-19.

"Apa yang kami alami di MotoGP Amerika tahun lalu adalah apa yang ingin kami capai. Itu adalah status yang sudah kami siapkan dan yang kami bicarakan, bahwa kami tidak akan menerima karantina," ucap Ezpeleta.

"Yang benar saja, jika mereka memberitahu kami, bahwa kami harus dikarantina selama 14 hari, jawabannya jelas: 'Tidak, saya tidak akan datang!'. Itu batasnya," ujar Ezpeleta.

Dalam forum yang juga dihadiri Presiden La Liga Spanyol, Javier Tebas, itu Ezpeleta juga mengungkap rencana Dorna meningkatkan jumlah penonton di sirkuit.

"Selain itu target objektif kami adalah meningkatkan jumlah penonton yang hadir di sirkuit, karena daripada 1.500 penonton, jika kami bisa 2.500 penonton, kami akan melakukannya," ucap Ezpeleta.

Mandalika sendiri akan menggelar balapan MotoGP pada 18-20 Maret mendatang. Sebelum itu Sirkuit Mandalika akan menggelar tes pramusim pada 11-13 Februari mendatang.

[Gambas:Video CNN]

(har)
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER