Tes Kesehatan Sambut Kevin Sanjaya dkk di Pelatnas PBSI

CNN Indonesia
Kamis, 20 Jan 2022 11:58 WIB
Pemain-pemain elite tim badminton Indonesia sudah kembali ke Pelatnas PBSI dan menjalani tes kesehatan terlebih dahulu sebelum berlatih. Ilustrasi suasana Pelatnas PBSI. (ANTARA/Widodo S. Jusuf)
Jakarta, CNN Indonesia --

Pemain-pemain elite tim badminton Indonesia sudah kembali ke Pelatnas PBSI di Cipayung, Jakarta Timur, dan menjalani tes kesehatan terlebih dahulu sebelum berlatih.

Atlet-atlet top bulutangkis Indonesia, seperti Kevin Sanjaya, Fajar Alfian, M. Rian Ardianto, Jonatan Christie, Anthony Sinisuka Ginting, Greysia Polii, dan Apriyani Rahayu sudah siap menjalani sesi latihan rutin.

Para atlet lebih dulu menjalani tes kesehatan pada Rabu (19/1) setelah dipulangkan ke klub masing-masing sejak pertengahan Desember 2021.


Dokter di pelatnas PBSI, dr. Grace Joselini Corlesa, MMRS., Sp.KO menilai tes tersebut dilakukan guna melihat perkembangan pemain sekaligus untuk memonitor kesehatan secara fisik dan medis, selain juga mencegah cedera dan masalah lain.

"Hasilnya memang atlet-atlet eksisting ini tidak banyak yang mengalami perubahan kecuali pada beberapa di komposisi tubuh dari massa otot dan massa lemaknya karena perubahan jadwal latihan atau jadwal makan. Ini yang menjadi catatan," terang dr. Grace.

"Tapi menurut saya masih wajar karena mereka habis liburan. Setelah masuk dalam program latihan lagi, saya yakin mereka bisa cepat kembali ke kondisi normal dan proporsional," sambungnya seperti dikutip dari akun Twitter resmi PBSI.

Tes yang dilakukan pemain-pemain yang sudah memperkuat tim Indonesia pada tahun lalu tidak berbeda dengan para pemain junior yang baru lolos seleksi nasional pada awal tahun ini.

Guna mengukur kondisi tubuh, para pemain melakukan tes pemeriksaan laboratorium, pemeriksaan tanda-tanda vital, tinggi dan berat badan, rontgen, pemeriksaan postural, pemindaian kaki, gizi, tes jantung, dan beighton score.

Pemain-pemain Indonesia mayoritas belum mengikuti agenda turnamen badminton dunia pada awal tahun. Baru Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan dan Tommy Sugiarto yang tampil di kejuaraan India Open pekan lalu.

[Gambas:Video CNN]

(nva/har)
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER