Resmi: Timnas Malaysia Dilatih Kim Pan Gon

CNN Indonesia
Jumat, 21 Jan 2022 13:59 WIB
Asosiasi Sepak Bola Malaysia (FAM) resmi menunjuk Kim Pan Gon sebagai pelatih timnas Malaysia pada Jumat (21/1) siang. Kim Pan Gon dipercaya menjadi pelatih timnas Malaysia. (AFP/JUNG YEON-JE)
Jakarta, CNN Indonesia --

Asosiasi Sepak Bola Malaysia (FAM) resmi menunjuk Kim Pan Gon sebagai pelatih timnas Malaysia pada Jumat (21/1) siang.

Presiden FAM, Hamidin Amin, memastikan Pan Gon akan mengisi posisi yang sebelumnya ditempati Tan Cheng Hoe. Nama Pan Gon sudah dikaitkan dengan posisi juru latih di timnas Malaysia bersama dengan Kim Hak Bum dan Bojan Hodak sejak pekan lalu setelah Cheng Hoe mengundurkan diri.

Dengan menyepakati kontrak menjadi pelatih Harimau Malaya selama dua tahun, Pan Gon akan meninggalkan jabatan sebagai direktur teknik Asosiasi Sepak Bola Korea (KFA).


Pan Gon merupakan pelatih yang punya pengalaman menangani klub di level internasional yakni ketika menangani timnas Hong Kong, baik senior maupun U-23.

Pelatih 52 tahun itu pernah melatih timnas Hong Kong U-23 pada 2009 dan 2012 hingga 2013. Sementara Pan Gon menjadi pelatih di timnas Hong Kong senior pada 2009 hingga 2010 dan 2012 sampai 2017.

Sementara di level klub, Pan Gon mengawali karier sebagai pelatih kesebelasan Buler Rangers asal Hong Kong pada 2003. Pan Gon yang juga pernah berkarier sebagai pemain di Hong Kong kemudian menjadi asisten pelatih tim Busan I'Park pada 2005.

Jalur karier Pan Gon kemudian kembali mengantarnya ke Hong Kong ketika melatih klub South China pada 2008 hingga 2010. Pan Gon juga sempat menjadi asisten klub Gyeongnam FC di Korea Selatan pada 2011.

Pan Gon diperkirakan akan tiba di Malaysia beserta asisten-asistennya pada Februari. Dikutip dari Stadium Astro, selain menunjuk Pan Gon sebagai pelatih anyar, FAM juga mengumumkan pengunduran diri manajer timnas Yusoff Mahadi.

Mantan pemain sayap klub Ulsan Hyundai itu bakal mengemban tanggung jawab meloloskan Malaysia ke Piala Asia dalam sesi kualifikasi yang akan berlangsung tengah tahun ini.

[Gambas:Video CNN]

(nva/sry)
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER