Alasan Kim Pan Gon Depak Shin Tae Yong pada 2018

jun | CNN Indonesia
Jumat, 21 Jan 2022 17:29 WIB
Pelatih baru timnas Malaysia Kim Pan Gon merupakan sosok yang mendepak Shin Tae Yong dari kursi pelatih timnas Korea Selatan usai Piala Dunia 2018. Shin Tae Yong didepak usai Piala Dunia 2018. (AP/Dmitri Lovetsky)
Jakarta, CNN Indonesia --

Pelatih baru timnas Malaysia Kim Pan Gon merupakan sosok yang mendepak Shin Tae Yong dari kursi pelatih timnas Korea Selatan usai Piala Dunia 2018. Apa alasan Kim Pan Gon saat mendepak Shin Tae Yong?

Kim Pan Gon menjabat sebagai Kepala Komite Pemilihan Pelatih Asosiasi Sepak Bola Korea Selatan (KFA) sejak Desember 2017 sebelum menerima tawaran melatih timnas Malaysia.

Tugas utama Kim Pan Gon di KFA adalah memutuskan siapa yang menjadi pelatih timnas Korea Selatan di level senior dan U-23. Salah satu pelatih yang didepak Kim Pan Gon dari kursi pelatih timnas Korea Selatan adalah Shin Tae Yong, pelatih Timnas Indonesia saat ini.


Kontrak Shin Tae Yong bersama timnas Korea Selatan tidak diperpanjang Kim Pan Gon usai Piala Dunia 2018 setelah gagal lolos dari babak grup. Posisi STY kemudian digantikan Paulo Bento.

Kim Pan Gon tidak menyebut Shin Tae Yong gagal atau sukses di Piala Dunia 2018. Namun Shin Tae Yong dianggap tidak memenuhi semua target dasar yang diberikan KFA.

"Performa Shin Tae Yong di Piala Dunia 2018 tidak sukses atau gagal. Shin melakukan begitu banyak pekerjaan untuk mempersiapkan tampil di turnamen dan dia memimpin tim meraih kemenangan atas Jerman," kata Kim Pan Gon ketika itu seperti dikutip dari Korea Herald.

"Tapi kami juga berpikir satu tahun [sebelum Piala Dunia] adalah waktu yang cukup untuk Shin. Meskipun dia mungkin telah bekerja keras, tapi dia tidak menyentuh semua dasar," ucap Kim Pan Gon.

Meski tidak memperpanjang kontrak Shin Tae Yong usai Piala Dunia 2018, Kim Pan Gon tetap menyebut STY sebagai calon pelatih timnas Korea Selatan ketika itu.

"Kami akan menganggap Shin Tae Yong sebagai salah satu kandidat, dan dia akan menghadapi kandidat pelatih lain. Kami akan mewawancarai kandidat-kandidat ini dan membandingkan masing-masing dari mereka dengan Shin sebelum kami menunjuk pelatih baru," kata Kim Pan Gon.

[Gambas:Video CNN]

(har/jun)
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER