Hasil Piala Afrika: Kejutan Gambia Singkirkan Guinea

CNN Indonesia
Selasa, 25 Jan 2022 03:06 WIB
Gambia membuat kejutan dengan menyingkirkan Guinea 1-0 dalam pertandingan babak 16 besar Piala Afrika 2021. Gambia lolos ke perempat final Piala Afrika 2021. (REUTERS/THAIER AL-SUDANI)
Jakarta, CNN Indonesia --

Gambia membuat kejutan dengan menyingkirkan Guinea 1-0 dalam pertandingan babak 16 besar Piala Afrika 2021 di Stadion Kouekong, Bafoussam, Kamerun, Selasa (25/1) dini hari WIB.

Gambia yang berstatus tim debutan menyingkirkan Guinea yang lebih difavoritkan untuk lolos ke perempat final. The Scorpions, julukan Gambia, menyingkirkan Guinea yang punya skuad lebih mentereng.

Guinea sudah mendapatkan peluang untuk mencetak gol saat laga baru berjalan empat menit. Hanya saja peluang yang didapat Mohamed Bayo masih berada tipis di atas mistar gawang Gambia.


Peluang lain didapatkan Guinea melalui Aguibou Camara melalui tendangan bebas yang masih belum menemui sasaran pada menit ke-11.

Gambia coba membalas serangan Guinea. Musa Barrow melepaskan tendangan spekulatif dari luar kotak penalti yang masih bisa diamankan kiper Guinea pada menit ke-13.

Setelah itu pertandingan berjalan alot. Peluang baru kembali tercipta mendekati akhir babak pertama tetapi upaya Guinea melalui Camara dan Bayo belum juga membuahkan hasil dan babak pertama berakhir imbang tanpa gol.

Di babak kedua Guinea jadi tim yang rutin menciptakan peluang untuk mencetak gol tetapi tak kunjung ada gol yang tercipta. Situasi ini dimanfaatkan Gambia yang malah bisa menggetarkan gawang Guinea.

Gol Gambia yang mengubah skor menjadi 1-0 dicetak Barrow. Pemain yang memperkuat klub Liga Italia, Bologna itu membobol gawang Guinea memanfaatkan umpan terobosan Yusupha Bobb pada menit ke-71.

Di sisa waktu pertandingan, Guinea dan Gambia harus bermain dengan 10 orang. Pemain Gambia, Yusupha Njie lebih dulu diusir wasit karena menerima kartu kuning kedua pada menit ke-87.



Empat menit berselang giliran Guinea yang kehilangan pemain. Bek Guinea, Ibrahima Conte menerima kartu kuning kedua pada masa injury time babak kedua.

Susunan pemain

Guinea (3-1-4-2): Aly Keita; Saidou Sow, Mohamed Ali, Ibrahima Conte; Amadou Diawara; Ibrahima Cisse, Aguibou Camara, Ilaix Moriba, Pa Konate; Mohamed Bayo, Jose Kante

Gambia (4-2-3-1): Baboucarr Gaye; Dawda Ngum, James Gomez, Omar Colley, Pa Modou Jagne; Yusupha Bobb, Sulayman Marreh; Abdoulie Jallow, Ebrima Darboe, Modou Barrow; Musa Barrow

(jal/jal)
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER