Beda dengan MotoGP, Tes Awal Musim WSBK 2022 Tanpa Mandalika

sry | CNN Indonesia
Selasa, 25 Jan 2022 20:16 WIB
Tes awal musim World Superbike (WSBK) 2022 tanpa jadwal di Sirkuit Mandalika. WSBK 2022 menggelar enam kali tes jelang musim baru. Tes pramusim WSBK 2022 tidak digelar di Mandalika. (CNN Indonesia/Adi Maulana Ibrahim)
Jakarta, CNN Indonesia --

Tes awal musim World Superbike (WSBK) 2022 tanpa jadwal di Sirkuit Mandalika. WSBK 2022 menggelar enam kali tes jelang musim baru.

Musim baru WSBK akan dimulai dalam tiga bulan ke depan, pada 9-10 April di WSBK Spanyol di Sirkuit Aragon.

Jelang dimulainya WSBK 2022, tim peserta dan pembalap akan dihadapkan pada serangkaian sejumlah tes. Dikutip dari Corsedimoto, terdapat enam jadwal tes sebelum balapan musim ini.


Hanya saja, berbeda dengan MotoGP, pada tes awal musim WSBK tidak menggelar pengujian di Sirkuit Mandalika. Untuk MotoGP, tes pramusim di Sirkuit Mandalika dilangsungkan pada 11-13 Februari.

Dalam laporan tersebut, tes pertama pramusim WSBK 2022 digelar di Sirkuit Jerez pada akhir Januari. Tes di Jerez mendapatkan dua kesempatan.

Jerez dianggap ideal sebagai pembuka dan penutup tes pramusim ini karena alasan teknis tata letak, dan faktor suhu yang hangat.

Sejumlah pembalap memacu motornya dalam race 1 WorldSBK seri Indonesia 2021 di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB), Minggu (21/11/2021). Dalam race tersebut pembalap tim Pata Yamaha With Brixx WorldSBK Toprak Razgatlioglu berhasil menjadi juara dunia WorldSBK 2021. (CNNIndonesia/Adi Ibrahim)Sirkuit Mandalika akan menggelar tes MotoGP 2022 pada pertengahan Februari. (CNNIndonesia/Adi Ibrahim)

Tes kedua berlanjut ke Portimao di Sirkuit Algarve pada pekan pertama Februari. Tes ketiga awal musim WSBK 2022 berlangsung di Sirkuit Aragon pada awal Maret. Sirkuit Misano jadi venue tes keempat pada pertengahan Maret.

Dua tes terakhir digelar di Spanyol, di Sirkuit Catalunya pada akhir Maret dan kembali ke Aragon pada awal April jelang WSBK Aragon pada pekan berikutnya.

[Gambas:Video CNN]

Menurut Corsedimoto, setiap tim memiliki waktu 10 hari dalam satu jadwal tes. Apabila cuaca buruk waktu itu bisa dipangkas menjadi setengah hari setiap harinya.

Pada WSBK 2022, WSBK Mandalika menjadi seri ke-11 dari 13 seri yang dijadwalkan operator balapan. Pada musim lalu, WSBK Mandalika jadi balapan terakhir yang merupakan penentu gelar juara bagi Toprak Razgatlioglu.

Jadwal Tes Awal Musim WSBK 2022:

26-27 Januari: Jerez

8-9 Februari: Portimao (Algarve)

3-4 Maret: Aragon

15-17 Maret: Misano

25-26 Maret: Catalunya

4-5 April: Aragon

(sry/sry)
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER