Solo Tuan Rumah, Gibran Ketua Panitia ASEAN Para Games 2022

CNN Indonesia
Selasa, 25 Jan 2022 19:44 WIB
Wali Kota Solo Gibran Rakabuming menjadi Ketua Panitia Penyelenggara (INASPOC) ASEAN Para Games 2022 yang digelar di Kota Solo pada Juli 2022 mendatang. Gibran Rakabuming ditunjuk sebagai Ketua INAPSGOC. (ANTARA FOTO/MOHAMMAD AYUDHA)
Jakarta, CNN Indonesia --

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming menjadi Ketua Panitia Penyelenggara (INASPOC) ASEAN Para Games 2022 yang digelar di Kota Solo pada Juli 2022 mendatang.

Gibran ditunjuk sebagai Ketua Pania ASEAN Para Games 2022 usai pertemuan di kantor pusat NPC yang dihadiri Ketua Umum NPC Senny Marbun dan Wakil Sekjen NPC Rima Ferdianto.

Kepastian Gibran jadi ketua panitia ASEAN Para games 2022 dikonfirmasi Senny Marbun kepada CNNIndonesia.com, Selasa (25/1).


"Kita percaya Mas Gibran mau bantu. Akhirnya kita sepakati beliau jadi ketua penyelenggara, dan beliau mau," ujar Senny kepada CNNIndonesia.com.

"Kita sangat butuh bantuan Mas Gibran ini, agar Indonesia sukses jadi penyelenggara ASEAN Para Games 2022," ucap Senny menambahkan.

Dalam kesempatan itu Senny menjelaskan proses Kota Solo jadi tuan rumah ASEAN Para Games 2022. Menurut Senny, ide ASEAN Para Games kembali ke Solo karena cerita sukses pada edisi 2011.

Pebulu tangkis tunggal putri Indonesia Oktila Leani Ratri mengembakikan kok ke arah tunggal putri China Cheng Hefang pada babak final tunggal putri Asian Paragames 2017 di Istora, Jakarta (12/10). Hefang Chen menang dengan skor 19-21, 21-18, 21-13. (CNN Indonesia/Hesti Rika)Badminton jadi salah satu cabor ASEAN Para Games 2022. (CNN Indonesia/Hesti Rika)

ASEAN Para Games 2011 saat itu diketuai Presiden Joko Widodo saat masih menjabat Wali Kota Solo. Selain karena pernah sukses, Indonesia jadi tuan rumah tahun ini karena dua edisi ASEAN Para Games batal di Filipina dan Vietnam.

"Saat di Peparnas Papua 2020, saya tanya ke Pak Jokowi, kira-kira Indonesia berminat tidak jadi tuan rumah? Dan akhirnya disetujui," tutur Senny.

[Gambas:Video CNN]

"Saya kasihan kepada atlet, karena sejauh ini kekurangan ajang untuk berkompetisi," kata Senny melanjutkan.

Dikatakan Senny, usai mendapat restu dari Presiden Jokowi, NPC Indonesia melakukan bidding yang kemudian diterima negara peserta ASEAN Para Games.

NCP Indonesia menuturkan, ASEAN Para Games 2022 yang digelar di Kota Solo belum memiliki kepastian tanggal. Senny Marbun mengatakan, kemungkinan ASEAN Para Games 2022 dilangsungkan mulai pertengahan Juli nanti.



(sry/jun)
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER