Alasan Solo Jadi Tuan Rumah Para Games 2022

jun | CNN Indonesia
Selasa, 25 Jan 2022 22:39 WIB
Ada pertimbangan khusus mengapa Solo menerima tuan rumah ASEAN Para Games 2022 di masa pandemi Covid-19. Solo resmi jadi tuan rumah Para Games 2022. (CNN Indonesia/Putra Permata Tegar Idaman)
Jakarta, CNN Indonesia --

Indonesia akan bebas sanksi doping Badan Antidoping Dunia (WADA) jadi salah satu faktor Kota Solo menjadi tuan rumah ASEAN Para Games 2022, Juli mendatang.

Kota Solo jadi tuan rumah ASEAN Para Games 2022 setelah Indonesia melalui NPC Indonesia memenangkan bidding usai multievent itu batal digelar di Filipina (2019) dan Vietnam (2022).

Menurut Ketua NPC Indonesia Senny Marbun, negara-negara ASEAN memberikan dukungan dengan jaminan Indonesia harus bebas dari sanksi WADA.



"Kita minta negara sahabat mendukung Indonesia jadi tuan rumah, dan mereka meminta urusan dengan WADA diselesaikan dahulu," ujar Senny Marbun kepada CNNINdonesia.com, Selasa (25/1).

Salah satu dari poin sanksi WADA yang dijatuhkan kepada Indonesia adalah, Indonesia tidak bisa menggelar ajang multicabang sebelum terbebas dari hukuman itu.

"Karena sudah yakin hukuman itu akan selesai, jadi kita berani menjadi tuan rumah ASEAN Para Games," tutur Senny.

"Indonesia akan bebas dari sanksi WADA karena memang prosesnya sudah selesai. Nanti tanggal 2 [Februari] pencabutan sanksi. Intinya Indonesia bisa jadi tuan rumah Para Games karena diizinkan Tuhan," kata Senny melanjutkan.


Terkait peluang juara ASEAN Para Games 2022 nanti, NPC Indonesia optimistis bisa mempertahankan gelar juara umum seperti yang diraih pada edisi 2017 di Kuala Lumpur, Malaysia.

Banner Testimoni



"Kalau di atas kertas, kita akan juara, tapi semua atas izin Tuhan juga. Kita yakinlah, di Malaysia saja [selisih] medali emasnya jauh, Indonesia 126 emas, Malaysia hanya 90 emas, Thailand 68," ucap Senny.

[Gambas:Video CNN]

(sry/jun)
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER