Hasil Piala Afrika: Salah Penentu Kemenangan Mesir di Adu Penalti

CNN Indonesia
Kamis, 27 Jan 2022 01:56 WIB
Mesir berhak melangkah ke perempat final usai menyingkirkan Pantai Gading lewat drama adu penalti pada babak 16 besar Piala Afrika. Mesir mengalahkan Pantai Gading lewat adu penalti di babak 16 besar Piala Afrika. (REUTERS/MOHAMED ABD EL GHANY)
Jakarta, CNN Indonesia --

Mesir berhak melangkah ke perempat final usai menyingkirkan Pantai Gading lewat drama adu penalti dengan skor 5-4 (0-0) pada babak 16 besar Piala Afrika di Stadion Japoma, Douala, Kamis (27/1) dini hari WIB.

Kapten tim, Mohamed Salah jadi penentu kemenangan dalam drama adu penalti. Pemain Liverpool itu berhasil membobol gawang Pantai Gading sebagai penendang terakhir untuk membawa Mesir lolos ke babak selanjutnya. 

Mesir nyaris unggul lebih dulu di pertandingan ini saat laga baru berjalan 17 menit. Omar Marmoush melepaskan tembakan keras dari luar kotak penalti tetapi masih mengenai mistar gawang Pantai Gading.

Empat menit berselang, bintang mereka Mohamed Salah melepaskan tembakan dari luar kotak penalti yang masih bisa dihalau kiper Pantai Gading, Badra Ali Sangaré.

Soccer Football - Africa Cup of Nations - Round of 16 -  Ivory Coast v Egypt - Douala Stadium, Douala, Cameroon - January 26, 2022 Players clash during the match REUTERS/Mohamed Abd El GhanyPertandingan Pantai Gading vs Mesir berjalan sengit hingga harus diakhiri lewat adu penalti. (REUTERS/MOHAMED ABD EL GHANY)

Pantai Gading harus kehilangan Franck Kessie pada menit ke-30. Gelandang AC Milan itu mengalami cedera dan posisinya digantikan oleh Serey Die.

Pantai Gading membalas ancaman Mesir. Gelandang Pantai Gading, Ibrahim Sangare melepaskan tembakan akrobatik usai menerima umpan silang dari sisi kanan yang masih bisa digagalkan Mohamed El-Shenawy.

Pantai Gading mendapatkan peluang menciptakan gol pada masa injury time babak pertama. Upaya untuk mencetak gol dilakukan Sebastien Haller tetapi masih bisa diamankan oleh El-Shenawy.

El-Shenawy kembali jadi tembok kokoh yang sulit ditembus Pantai Gading. Ia membuat penyelamatan gemilang dengan mengagalkan sundulan Haller dari jarak dekat pada menit ke-70.

Tiga menit berselang Mesir nyaris unggul lebih dulu di laga ini. Trezeguet melakukan penetrasi ke kotak penalti yang diakhiri dengan tembakan ke tiang jauh tetapi masih tipis di samping gawang Pantai Gading.

Wilfried Zaha yang baru masuk di babak kedua mendapatkan peluang emas untuk menempatkan nama di papan skor jelang akhir babak kedua. Zaha melepaskan tembakan kaki kiri dari dalam kotak penalti yang bisa diblok menggunakan kaki oleh El-Shenawy.

Pertandingan berjalan sengit di sisa waktu babak kedua. Namun tidak ada gol yang mampu diciptakan kedua tim sehingga pertandingan Pantai Gading vs Mesir berlanjut ke babak perpanjangan waktu.



Pantai Gading dan Mesir sama-sama menciptakan peluang emas di babak perpanjangan waktu. Hanya saja tidak ada gol yang tercipta dan penentuan tim yang lolos ke perempat final berlanjut ke adu penalti.

Mesir keluar sebagai pemenang dalam drama adu penalti dengan skor 5-4 setelah Salah mencetak gol penentu dari titik 12 pas. Bek Pantai Gading, Eric Bailly jadi satu-satunya penendang penalti yang gagal dalam drama tendangan adu penalti ini.

Susunan pemain

Pantai Gading (4-3-3): Badra Ali Sangaré; Serge Aurier, Eric Bailly, Simon Deli, Ghislain Konan; Ibrahim Sangaré, Jean Michaël Seri, Franck Kessié; Max Gradel, Sébastien Haller, Nicolas Pépé

Mesir (4-3-3): Mohamed El-Shenawy; Omar Kamal, Ahmed Hegazi, Mohamed Abdelmonem, Ahmed Abou El Fotouh; Mohamed Elneny, Amr Al Sulaya, Hamdi Fathi; Mohamed Salah, Mostafa Mohamed, Omar Marmoush

(jal/jal)
TOPIK TERKAIT
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

TERPOPULER