Safuwan Baharudin, Bek Veteran Singapura yang Sindir Asnawi

CNN Indonesia
Kamis, 27 Jan 2022 08:45 WIB
Nama Safuwan Baharudin menjadi sorotan netizen Indonesia setelah menyindir Asnawi Mangkualam melalui Instagram. Safuwan Baharudin menjadi sorotan netizen Indonesia. (AFP/ROSLAN RAHMAN)
Jakarta, CNN Indonesia --

Nama Safuwan Baharudin menjadi sorotan netizen Indonesia setelah menyindir Asnawi Mangkualam melalui Instagram. Safuwan merupakan salah satu pemain veteran yang dimiliki timnas Singapura.

Memulai karier di timnas Singapura pada 2010, prestasi terbaik Safuwan adalah membawa The Lions menjadi juara Piala AFF 2012. Ketika itu Singapura menang agregat 3-2 atas Thailand di laga final.

Total Safuwan sudah mengoleksi 103 caps dan mencetak 12 gol bersama timnas Singapura. Terakhir bek tengah 30 tahun itu memperkuat Singapura saat mendapat kartu merah ketika melawan Timnas Indonesia pada leg 2 semifinal Piala AFF 2020.


Di level klub, prestasi terbaik Safuwan adalah bersama klub Singapura yang bermain di Liga Malaysia, LionsXII. Safuwan merebut gelar Liga Super Malaysia 2013 dan Piala FA Malaysia 2015 bersama LionsXII. Safuwan juga merebut gelar Piala FA Malaysia bersama Pahang FA pada 2018.

Safuwan juga mencetak sejarah sebagai pemain pertama asal Singapura yang mampu mencetak gol di Liga Australia (A-League) ketika dipinjamkan ke Melbourne City pada 2015. Safuwan mencetak gol ke gawang Adelaide United.

Sejak 2016, Safuwan bermain di Liga Malaysia bersama PDRM (2016-2017), Pahang (2018-2019), dan Selangor FC (2020-2021).

Banner live streaming MotoGP 2022

Safuwan menjadi sorotan netizen Indonesia setelah menyindir permintaan maaf wakil kapten Timnas Indonesia Asnawi Mangkualam terhadap Faris Ramli. Safuwan tidak yakin yang diucapkan Asnawi ke Faris dalam insiden kontroversial semifinal Piala AFF 2020 adalah ucapan terima kasih.

Safuwan menganggap ucapan permintaan maaf Asnawi ke Faris Ramli adalah sebuah lelucon.

[Gambas:Video CNN]

(har/har)
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER