Menpora Akan Minta Penjelasan Shin Tae Yong Soal Naturalisasi

CNN Indonesia
Jumat, 28 Jan 2022 13:10 WIB
Menpora Zainudin Amali akan memanggil PSSI bersama pelatih Timnas Indonesia Shin Tae Yong untuk meminta penjelasan terkait rencana naturalisasi sejumlah pemain. Menpora akan meminta penjelasan terkait naturalisasi Timnas Indonesia. (CNN Indonesia/Bisma Septalisma)
Jakarta, CNN Indonesia --

Menpora Zainudin Amali akan memanggil PSSI bersama pelatih Timnas Indonesia Shin Tae Yong untuk meminta penjelasan terkait rencana naturalisasi sejumlah pemain.

Naturalisasi yang dimaksud adalah Sandy Walsh dan Jordi Amat sebagai keturunan Indonesia yang diupayakan mendapat kartu tanda penduduk (KTP) Indonesia agar bisa membela Timnas Indonesia.

"Saya akan mengundang PSSI, minimal Sekretaris Jenderal [Yunus Nusi] dan Direktur Teknik [Indra Sjafri], serta pelatih [Shin Tae Yong] untuk menjelaskan kebutuhan tentang naturalisasi ini untuk Timnas," kata Amali.


"Saya ingin naturalisasi ini harus memberikan kontribusi secara signifikan dan maksimal untuk perkembangan Timnas Indonesia," ucap menteri asal Gorontalo itu kepada CNNIndonesia.com, Jumat (28/1).

Amali menjelaskan berkas naturalisasi Sandy Walsh dan Jordi Amat sudah sampai di Kemenpora. Berkas tersebut akan ditelaah sebelum mengundang PSSI dan Shin Tae Yong ke Kantor Kemenpora di Senayan.

Sekjen PSSI Yunus Nusi membenarkan berkas naturalisasi Sandy dan Jordi telah disampaikan tim legal ke Kemenpora. Pemain berpaspor Belanda dan Spanyol sama-sama bersedia jadi WNI.

Namun pertemuan dengan Menpora tidak akan dilakukan dalam waktu dekat. Pasalnya saat ini PSSI dan tim pelatih Timnas Indonesia sedang fokus menjalani laga melawan Timor Leste di Bali.

"Sudah lengkap dokumennya [Sandy Walsh dan Jordi Amat]. Sudah diajukan [ke Kemenpora]. Saat ini kami sedang full di Bali," kata Yunus kepada CNNIndonesia.com pada Jumat (28/1).

Selain Sandy dan Amat, PSSI juga sedang meminta dokumen Ragnar Oratmangoen dan Mess Hilgers. Mereka ini adalah pemain keturunan yang ingin dinaturalisasi untuk Timnas Indonesia atas rekomendasi Shin Tae Yong.

[Gambas:Video CNN]

(abs/har)
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER