Aspal Sirkuit Losail MotoGP Qatar Dikritik Pembalap

CNN Indonesia
Kamis, 03 Mar 2022 00:19 WIB
Sejumlah pembalap MotoGP disebut takut dengan aspal Sirkuit Losail yang akan digunakan untuk seri pembuka MotoGP Qatar 2022, akhir pekan ini. Pembalap MotoGP diklaim khawatir dengan aspal Sirkuit Losail. (AFP/KARIM JAAFAR)
Jakarta, CNN Indonesia --

Sejumlah pembalap MotoGP disebut mengeluhkan aspal Sirkuit Losail yang akan digunakan untuk seri pembuka MotoGP Qatar 2022, akhir pekan ini. 

Dikutip dari Motorsport Jepang, Formula 1 Grand Prix Qatar 2021 yang digelar di Losail pada November tahun lalu memunculkan kekhawatiran bagi pembalap MotoGP.

Para pembalap itu waswas F1 GP Qatar merusak aspal Sirkuil Losail untuk MotoGP Qatar 2022, 4-6 Maret nanti.

"Ini berita buruk, setelah keputusan menjadi tuan rumah F1 di Losail tahun lalu," kata pembalap Aprilia Aleix Espargaro yang berharap Losail tiak mengalami kerusakan.

"Qatar adalah sirkuit favorit saya, tetapi F1 akan menghancurkan grip dan segalanya," ucap Aleix menambahkan.

Keluhan serupa dilontarkan Andrea Dovizioso dari RNF. Pembalap asal Italia itu khawatir F1 membuat permukaan sirkuit tidak rata atau bumping.

Pembalap Red Bull KTM Factory Racing Miguel Oliveira (depan) melaju di depan para pembalap lainnya pada hari pertama tes pramusim MotoGP 2022 di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok Tengah, NTB, Jumat (11/2/2022). Sesi tes pramusim di sirkuit Mandalika tersebut akan berlangsung hingga Minggu (13/2/2022). ANTARA FOTO/Andika Wahyu/YUSirkuit Mandalika dikritik pembalap MotoGP karena mengalami degradasi aspal. (ANTARA/ANDIKA WAHYU)

"Maaf, F1 akan membuat gundukan di trek ini dan merusak lintasan bagi kami," tutur Dovizioso.

"Mereka berlari kencang di tikungan, tapi bagi kami para pembalap, tidak baik 20 mobil melewati jalur yang sama. Namun jika ingin melakukan banyak balapan, ya di Qatar. Itu tidak bisa dihindari," kata Dovizioso melanjutkan.

Meski mendapat banyak kritik, namun pengelola sirkuit menggaransi tidak ada perubahan kondisi aspal pada Sirkuit Losail.

"Aspal di sirkuit tidak berubah sejak 2004, ini adalah produk berkualitas sangat tinggi. Kami sedang memeriksa, tapi pada prinsipnya tidak banyak berubah," ucap Direktur Sirkuit Losail Juan Bakero.

"Pengaspalan ulang direncanakan bersama proyek perbaikan fasilitas menunggu persetujuan pemerintah," kata Bakero melanjutkan.

Banner live streaming MotoGP 2022

Live streaming MotoGP Qatar 2022 bisa disaksikan melalui CNNIndonesia.com, Minggu (6/3). Siaran langsung MotoGP Qatar akan disiarkan Trans7.

(sry/jun)
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

TERPOPULER