ITDC: Sirkuit Mandalika Lolos Homologasi Grade A

CNN Indonesia
Jumat, 18 Mar 2022 21:52 WIB
Jelang raceday MotoGP Mandalika 2022 PT ITDC mengumumkan sirkuit Mandalika telah lolos homologasi grade A setelah inspeksi oleh FIM, Dorna, dan IRTA. MotoGP Mandalika menjadi kesempatan pertama Indonesia menjadi tuan rumah balap motor tersebut sejak 25 tahun silam. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia --

Jelang raceday MotoGP Mandalika 2022 yang berlangsung di Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB), PT ITDC mengumumkan sirkuit Mandalika telah lolos homologasi grade A.

"Dapat kami informasikan bahwa berdasarkan hasil track inspection oleh Fédération Internationale de Motocyclisme (FIM), Dorna Sports, dan IRTA pada hari Kamis (17/3), Pertamina Mandalika Circuit telah berhasil lolos homologasi grade A, " tutur Direktur Utama ITDC Abdulbar M Mansoer lewat siaran pers, Jumat (18/3).

"Grade A adalah grade tertinggi yang dimiliki FIM dan juga berarti, sirkuit kami sangat layak untuk menggelar event MotoGP," imbuhnya.


Dia mengatakan keberhasilan lolos homologasiGrade A itu tak lepas dari sejumlah peningkatan fasilitas sirkuit yang dilakukan ITDC bersama MGPA guna memenuhi prasyarat penilaian dari FIM.

Sebagai informasi, sebelumnya sirkuit tu baru mendapatkan grade B saat gelaran seri WSBK pada 2021 silam. Kini dengan grade A, diterangkan sejumlah peningkatan yang telah dilakukan.

"Additional protective devices, track marking, verges and run-off areas, gravel beds, tyre barriers, turn signs, start lights, all along the track, both sides, pit lane exit, starting grid, flag marshal posts, light panel and equipments, track marshal post and equipment, track maintenance, drainage system dan long lap penalty zone," demikian diterangkan ITDC.

Dalam siaran pers yang sama, Direktur Utama MGPA Priandhi Satria mengaku bangga dengan kesuksesan gelaran rangkaian MotoGP Mandalika pada jumat ini.

"Lintasan sirkuit yang telah kami resurfacing dapat berfungsi dengan baik. Kami juga melihat semua elemen pendukung balapan, khususnya Marshall, telah bekerja sesuai yang diharapkan," kata Priandhi.

Dia menerangkan sebanyak 300 Marshall yang bertugas dalam MotoGP Mandalika merupakan putra daerah yang telah melalui pelatihan. Mereka, sambungnya, telah mampu menunjukkan kemampuan dan kualitas kerja yang sangat baik.

"Bisa dilihat saat Marc Márquez terjatuh tadi, marshall kami terlihat siap dan sigap mengatasi hal tersebut," kata dia.

Pada Jumat ini agenda balap yang telah terlaksana adalah  free practice Moto 3, Moto 2, MotoGP, dan Idemitsu Asia Talent Cup (IATC). Walaupun saat pagi sempat hujan deras, namun kemudian hujan sudah berhenti dan cuaca sudah semakin cerah sehingga sesi free practice ini terlihat berjalan lancar.

ITDC dan MGPA menyatakan kondisi lintasan sirkuit juga dalam kondisi yang baik sehingga mendukung pembalap dalam melakoni sesi free practice pada Jumat ini. Tercatat kecepatan tertinggi mencapai 311,2/km.

Sebagai informasi, Balapan MotoGP Mandalika 2022 berlangsung 18-20 Maret. Live streaming MotoGP Mandalika 2022 bisa ditonton melalui CNNIndonesia.com, sementara siaran langsung balapan dapat disaksikan di Trans7.

Balap hari kedua Sabtu (19/03) akan dimulai dengan qualifying untuk IATC, yang dilanjutkan dengan free practice untuk Moto 3, Moto 2, dan MotoGP. Siang harinya akan diisi dengan qualifying untuk Moto 3 dan Moto 2 masing-masing sebanyak dua sesi serta free practice 4 dan qualifying 1 & 2 untuk MotoGP.

(kid)
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER