Kenapa Maguire Bisa Jadi Kapten Manchester United?

ptr | CNN Indonesia
Rabu, 20 Apr 2022 07:47 WIB
Kapten Manchester United Harry Maguire terus jadi sorotan tiap kali Setan Merah menelan kekalahan. Harry Maguire sudah dua tahun jadi kapten Manchester United. (REUTERS/PHIL NOBLE)
Jakarta, CNN Indonesia --

Kapten Manchester United Harry Maguire terus jadi sorotan tiap kali Setan Merah menelan kekalahan. Berikut momen awal Maguire bisa terpilih jadi kapten.

Maguire lagi-lagi tidak mampu hadir sebagai tembok tangguh saat Man Utd bertandang ke markas Liverpool, Anfield, Rabu (20/4) dini hari WIB. Maguire dan kawan-kawan harus rela melihat gawang Man Utd empat kali dibobol oleh Mohamed Salah dan kawan-kawan.

Kekalahan telak di Anfield itu bukan hanya menggerogoti kapasitas Maguire sebagai bek dengan harga termahal di Liga Inggris. Jabatan kapten yang melingkar di lengannya pun ikut dipertanyakan.


Sebagai kapten, Maguire dianggap kurang berjiwa pemimpin dan bisa membimbing rekan-rekannya melalui masa-masa sulit.

Terpilihnya Maguire sebagai kapten sendiri merupakan salah satu kejutan besar dalam sejarah Man Utd.

Maguire terpilih sebagai kapten pada Manchester United pada Januari 2020. Saat itu posisi kapten Man Utd kosong lantaran Ashley Young memutuskan pindah ke Inter Milan.

Saat posisi kapten kosong, Maguire baru berada di Man Utd selama enam bulan dan banyak pemain yang lebih senior darinya di tim. Namun Ole Gunnar Solskjaer menetapkan Maguire sebagai kapten.

Salah satu pemain senior yang sempat dijagokan sebagai kapten adalah David de Gea. Tetapi pada akhirnya Solskjaer hanya menjadikan De Gea sebagai wakil kapten.

Rumor yang mencuat menyebutkan De Gea tidak terpilih sebagai kapten karena sempat mengkritik strategi Solskjaer.

"Harry menggunakan ban kapten dan akan terus menggunakannya, dia sudah jadi pemimpin grup ini. Saya terkesan dengan kepemimpinannya, jadi dia akan terus menggunakan ban kapten."

"Dia datang dan segalanya mendorong dan membuat saya yakin bahwa dia adalah pemimpin," ucap Solskjaer saat mengumumkan keputusan Maguire sebagai kapten di 2020.

Kepercayaan Solskjaer pada Maguire begitu besar. Meskipun Maguire melakukan sejumlah blunder, Solskjaer terus mendukung Maguire, baik sebagai pemain inti maupun kapten. Terlebih ketika Man Utd tampil impresif di paruh kedua musim lalu dan finis sebagai runner up di akhir musim.

Ketika Cristiano Ronaldo kembali ke Man Utd, sempat mencuat asumsi bahwa Ronaldo layak diberikan ban kapten. Tetapi lagi-lagi Solskjaer tak tergerak dan tetap mendukung Maguire.

Banner Testimoni

Saat Solskjaer dipecat dan Ralf Rangnick datang, isu soal ban kapten kembali mencuat. Pergantian posisi arsitek tim diyakini bisa jadi momen pergantian kapten.

Namun pada akhirnya Maguire tetap menyandang status sebagai kapten Man Utd sampai saat ini.

[Gambas:Video CNN]



(ptr/sry)
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER