Smilla Sundell, Juara Dunia Termuda ONE Championship

ONE Championship | CNN Indonesia
Minggu, 01 Mei 2022 10:53 WIB
Smilla Sundell yang berjuluk The Hurricane mencetak sejarah sebagai Juara Dunia ONE Women's Strawweight Muay Thai di ONE 156 usai mengalahkan Jackie Burtan. Smilla Sundell yang berjuluk The Hurricane mencetak sejarah sebagai Juara Dunia ONE Women's Strawweight Muay Thai di ONE 156 usai mengalahkan Jackie Burtan. (Foto: Arsip ONE Championship)
Jakarta, CNN Indonesia --

Smilla Sundell yang berjuluk The Hurricane mencetak sejarah sebagai Juara Dunia ONE Women's Strawweight Muay Thai di ONE 156 usai mengalahkan Jackie Burtan.

Sundell tepat berusia 17 tahun lima bulan saat dinobatkan sebagai pemilik sabuk perdana di divisi tersebut, yang sekaligus mematahkan rekor terdahulu yang dipegang Angela Lee. Pada 2016, Angela Lee menjadi Juara Dunia MMA termuda di usia 19 tahun 9 bulan dengan mengalahkan Mei Yamaguchi.

"Saya masih tak dapat mempercayainya. Saya pikir saya masih belum bisa mencernanya. Saya masih terkejut. Saya kira tak ada dalam hidup yang sebanding dengan ini. Saya menyukai sabuk ini. Sangat bagus, berat, dan sangat indah," ujar Sundell dalam wawancara setelah laga.


Di sepanjang laga, Sundell dengan cermat memanfaatkan postur tingginya untuk menekan lawan. Bahkan, keunggulan ini terlihat dari ronde pertama saat dia menggunakan jab untuk menjaga jarak sebelum melayangkan pukulan tajam.

Ketika ronde kelima dimulai, Sundell yang masih segar langsung melayangkan serangkaian tendangan dengan menyasar badan lawan. Di sisi lain, Jackie Buntan yang menahan luka tetap menunjukkan semangat pantang menyerah dengan terus membalikkan setiap serangan.

Melihat performa Buntan mulai menurun, Sundell bergerak semakin menekan dan mendaratkan banyak kombinasi jab dan cross. Di akhir laga, dia mendapat bonus performa US$50 ribu dan mempertajam rekor menjadi 32-5-1.

(rea)
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER