5 Fakta Jelang MotoGP Spanyol 2022

jun | CNN Indonesia
Minggu, 01 Mei 2022 15:32 WIB
Sederet fakta menarik tersaji jelang balapan MotoGP Spanyol 2022 yang akan dihelat di Sirkuit Jerez, Minggu (1/5). Pecco Bagnaia cetak rekor lap tercepat di kualifikasi MotoGP Spanyol. (AP/Jose Breton)
Jakarta, CNN Indonesia --

Sederet fakta menarik tersaji jelang balapan MotoGP Spanyol 2022 yang akan dihelat di Sirkuit Jerez, Minggu (1/5).

MotoGP Spanyol merupakan balapan seri keenam atau yang kedua di Eropa musim ini. Setelah keseruan MotoGP Portugal 2022 di Sirkuit Portimao akhir pekan lalu, balapan MotoGP Spanyol 2022 akan digelar di Jerez.

Pole position direbut Pecco Bagnaia usai menjadi yang tercepat di kualifikasi MotoGP Spanyol, Sabtu (30/4).


Pembalap Ducati itu meraih catatan waktu 1 menit 36,170 detik atau unggul 0,453 detik dari Fabio Quartararo di posisi kedua.

Hasil akhir di MotoGP Spanyol bisa mengubah persaingan di klasemen. Saat ini puncak klasemen masih dikuasai Fabio Quartararo dan Alex Rins yang sama-sama mengemas 69 poin.

Sementara posisi ketiga hingga kelima masing-masing ditempati Aleix Espargaro (66 poin), Enea Bastianini (61 poin), dan Johann Zarco (51 poin).

Banner live streaming MotoGP 2022

Berikut fakta menarik jelang MotoGP Spanyol 2022:

1. Selain meraih pole position, Bagnaia mencetak rekor lap tercepat sepanjang sejarah MotoGP. Bagnaia mengungguli rivalnya Fabio Quartararo dengan gap 0,5 detik.

2. Bagnaia berhasil mengikuti jejak pembalap legendaris Ducati Loris Capirossi, yang pernah meraih pole di Jerez. Bedanya Capirossi dua kali raih pole di Jerez, yakni pada musim 2003 dan 2006.

3. Quartararo mengincar kemenangan back to back untuk kali pertama di MotoGP 2022. Quartararo pernah meraih dua kemenangan beruntun musim lalu di GP Doha dan Portugal.

4. Jack Miller yang berstatus pemenang MotoGP Spanyol musim lalu, harus memulai balapan dari posisi ke-9. Kemenangan terakhirnya diraih di MotoGP Prancis 2021.

5. Marquez meraih posisi terbaik kedua di sesi kualifikasi musim ini dengan menempati posisi kelima di MotoGP Spanyol. Pencapaian terbaiknya di fase kualifikasi terjadi saat meraih urutan ketiga di MotoGP Qatar.

[Gambas:Video CNN]

(jun/har)
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER