UFC 274: Kelebihan Berat, Sabuk Oliveira Dicopot

ptr | CNN Indonesia
Sabtu, 07 Mei 2022 06:48 WIB
Sabuk juara Charles Oliveira dicopot setelah tidak mampu memenuhi batas bobot tubuh kelas ringan UFC jelang duel lawan Justin Gaethje di UFC 274. Sabuk kelas ringan milik Charles Oliveira dicopot usai ia gagal memenuhi batas bobot tubuh kelas ringan jelang UFC 274. (AP/Chase Stevens)
Jakarta, CNN Indonesia --

Sabuk juara Charles Oliveira dicopot setelah tidak mampu memenuhi batas bobot tubuh kelas ringan UFC jelang duel lawan Justin Gaethje di UFC 274.

Oliveira gagal dalam timbang badan yang dilakukan Jumat (6/5) waktu setempat. Setelah gagal pada kesempatan pertama, Oliveira juga tak mampu memenuhi batas bobot tubuh pada kesempatan kedua yang diberikan pada jarak satu jam dari kesempatan pertama.

Dikutip dari situs resmi UFC, kegagalan Oliveira dalam timbang badan membuat sabuk kelas ringan UFC dicopot dari dirinya. Untuk laga UFC 274, hanya Gaethje yang berpeluang untuk memperebutkan sabuk juara.


"Saat ini, Charles Oliveira masih jadi juara kelas ringan UFC, namun ketika laga UFC 274 dimulai besok, sabuknya akan dicopot."

"Laga tetap akan berlangsung namun perebutan sabuk juara hanya berlaku untuk Gaethje," tulis UFC dalam pernyataan resminya.

Meski tak lagi berpeluang mempertahankan gelar, duel lawan Gaethje di UFC 274 tetap berarti besar bagi Oliveira. Pasalnya, laga nanti tetap akan menentukan nasibnya di masa depan. Kemenangan akan membuat Oliveira tetap berjarak dekat dengan sabuk juara.

Nov 6, 2021; New York, NY, USA; Justin Gaethje (red gloves) competes against Michael Chandler (blue gloves) during UFC 268 at Madison Square Garden. Mandatory Credit: Ed Mulholland-USA TODAY SportsKini hanya Justin Gaethje yang berpeluang merebut sabuk kelas ringan di UFC 274. (USA TODAY Sports/Ed Mulholland via Reuters)

"Bila Oliveira menang, dia akan menjadi penantang pertama untuk sabuk kelas ringan yang kosong dan bakal bertarung melawan penantang berikutnya untuk sabuk juara pada waktu dan tempat yang ditentukan, kata UFC.

Selain kehilangan sabuk, pendapatan Oliveira dari UFC 274 otomatis juga akan dikurangi seiring kegagalannya dalam timbang badan.

Banner Testimoni

Oliveira adalah petarung terbaik di kelas ringan UFC saat ini. Ia mampu membukukan 10 kemenangan beruntun dan tak lagi merasakan kekalahan sejak 2018.

Oliveira merebut sabuk yang lowong di kelas ringan usai Khabib Nurmagomedov pensiun. Oliveira menang atas Michael Chandler dalam duel di UFC 262 dan satu kali berhasil mempertahankan sabuk itu pada laga lawan Dustin Poirier pada UFC 269 di Desember 2021.

[Gambas:Video CNN]



(ptr/ptr)
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER