Generasi Muda Atletik Indonesia Menjemput Kejayaan di SEA Games 2021

ptr | CNN Indonesia
Jumat, 13 Mei 2022 08:00 WIB
Datang ke SEA Games 2021 (SEA Games 2022) dengan kekuatan generasi muda yang beberapa di antaranya debutan, atletik Indonesia menatap era kejayaan. Lalu Zohri (kedua dari kiri) bakal kembali jadi andalan Indonesia di SEA Games. ( REUTERS/PHIL NOBLE)
Jakarta, CNN Indonesia --

Datang ke SEA Games 2021 (SEA Games 2022) dengan kekuatan generasi muda yang beberapa di antaranya debutan, atletik Indonesia menatap era kejayaan.

Ada 47 medali emas yang akan diperebutkan dari cabang olahraga atletik dalam SEA Games 2021. Dari semua nomor itu Indonesia hanya mematok target delapan emas. Jika berhasil ini akan menjadi pencapaian istimewa.

Pada SEA Games 2019 di Filipina, wakil Indonesia hanya meraih lima emas, enam perak, dan lima perunggu. Jumlah medali emas ini sama dengan edisi 2017 di Singapura dan penurunan dibanding SEA Games 2015 di Malaysia.


Pencapaian terbaik atletik Indonesia pada abad milenium tercipta dalam SEA Games 2011. Ketika itu Indonesia bertindak sebagai tuan rumah dan meraih 11 medali emas, plus 12 perak serta 11 perunggu.

Awalnya Pengurus Besar Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PB PASI) mencanangkan 15 emas di Vietnam, namun direvisi sang ketua umum, Luhut Binsar Pandjaitan menjadi delapan emas. PASI bersikap lebih realistis.

Jika dikalkulasi berdasarkan potensi, 15 medali emas sangat mungkin diraih. Namun, bila melihat perkembangan dunia atletik di Asia Tenggara, delapan medali lebih masuk akal dijadikan target pencapaian.

Sekretaris Jenderal PB PASI Tigor Tanjung mengatakan, kondisi 23 atlet yang akan berjuang di SEA Games edisi ke-31 ini tidak ada kendala. Saat ini mereka hanya perlu mengalahkan diri sendiri untuk meraih prestasi.

"Kalau bicara peluang, kekuatan kita menjanjikan. Kami telah melakukan pengumpulan data persaingan di SEA Games. Kekuatan kita masih baik. Tujuh hingga delapan medali emas bisa diperoleh, bahkan bisa lebih," ucapnya.

Satu-satunya kendala menjelang SEA Games Vietnam adalah tak ada kejuaraan sebagai tolok ukur. Sebelum ini hanya ada Singapore Open 2022 pada 16-17 April. Dari ajang ini peta kekuatan lawan belum tergambar jelas.

Banner live streaming MotoGP 2022

Pelatih Tim Atletik Indonesia, Kikin Ruhuddin menyebut target delapan emas dari PB PASI cukup tinggi jika dibanding pencapaian pada 2019. Menurutnya target ini membuat atlet termotivasi memperlihatkan kualitasnya.

"Total ada 19 nomor yang kami ikuti. Kami yakin dari data yang kami miliki bisa mendapat medali emas. Biarpun kami belum mengetahui kekuatan lawan, kami yakin bisa mendapatkan hasil terbaik," ucap Kikin percaya diri.

Baca lanjutan berita ini di halaman berikut >>>

Ambisi Zohri dan Emilia Nova

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER