Indonesia Raih Emas Ke-13 SEA Games dari Senam Artistik

CNN Indonesia
Sabtu, 14 Mei 2022 20:42 WIB
Indonesia menambah perolehan medali emas SEA Games 2022 melalui Rifda Irfanaluthfi dari cabang senam artistik nomor tunggal putri. Ilustrasi Rifda Irfanaluthfi. (dok: NOC/CdM)
Jakarta, CNN Indonesia --

Indonesia menambah perolehan medali emas SEA Games 2022 melalui Rifda Irfanaluthfi dari cabang senam artistik nomor tunggal putri di Quan Ngua Sport Palace, Sabtu (14/5).

Dalam situs resmi SEA Games 2021 Rifda Irfanaluthfi menjadi pemenang setelah mengalahkan pesenam Filipina Aleah Finnegan Cruz yang harus puas dengan medali perak.

Pada pertandingan final nomor tunggal putri itu Rifda meraih 49,650 poin, sedangkan Aleah kalah tipis setelah hanya mendapatkan 49,250 poin.


Medali perunggu pada nomor tunggal putri itu sendiri jatuh kepada atlet Malaysia Rachel Li Wen Yeoh yang mendapatkan 48,550 poin.

Emas pada nomor artistik tunggal putri putri itu merupakan emas ketiga Rifda Irfanaluthfi di SEA Games. Sebelumnyaatlet 22 tahun itu mendapatkan emas pada SEA Games 2017 dari nomor balok keseimbangan dan di SEA Games 2019 dari nomor vault.

Sementara itu di SEA Games 20121 ini emas Rifda adalah yang ke-13 bagi kontingen Indonesia, atau yang keenam pada Sabtu (14/5).

Di luar fakta-fakta tersebut, medali Rifda dari artistik tunggal putri itu adalah sumbangan emas pertama dari cabang senam.

[Gambas:Video CNN]

Sebelum Rifda, Indonesia mendapatkan lima emas dari cabang dayung (empat emas) dan wushu dengan satu emas.

Empat emas dari dayung itu diperoleh Ferdiansyah/Denri Maulidzar Alghiffari, Ihram, Jefri Ardianto Suwarno/Rio Riski Darmawan, Memo/Edwini Ginanjar, Rifqi Harits, Taufiqurrahman/Sulpianto, dan Alisya Mellynar.

Dengan tambahan medali dari Rifda Irfanaluthfi itu kontingen Indonesia kini mengoleksi 13 emas, 16 perak, 8 perungggu. Indonesia menempati posisi ketiga klasemen medali dengan total 37 medali.



(sry/sry)
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER