ANALISIS

Indonesia vs Myanmar: Sapu Lawan demi Bukti Mental Juara

CNN Indonesia
Minggu, 15 Mei 2022 08:38 WIB
Kemenangan di laga penentu akan menegaskan mental juara Timnas Indonesia U-23 di SEA Games 2021. Timnas Indonesia U-23 sudah mengemas dua kemenangan dari tiga laga. (ANTARA FOTO/ZABUR_KARURU)
Jakarta, CNN Indonesia --

Timnas Indonesia U-23 akan menjalani laga penentuan kontra Myanmar U-23 di babak penyisihan Grup A SEA Games, Minggu (15/5). Poin dari laga tersebut akan memastikan langkah Skuad Garuda Muda menuju semifinal.

Setelah melewati tiga pertandingan, Timnas Indonesia U-23 sudah berada di depan pintu fase gugur. Petikan dua kemenangan cukup bagi anak asuh Shin Tae Yong meraup enam poin sekaligus menduduki peringkat kedua klasemen sementara meski sempat takluk di laga pembuka kontra Vietnam.

Posisi Timnas Indonesia U-23 tak serta merta aman menjelang semifinal karena Myanmar juga sama-sama mengantongi enam poin.


Myanmar hanya kalah selisih gol dibandingkan Indonesia. Ini membuat laskar berjuluk Chinthe punya kesempatan yang tak kalah besar dengan tim Merah-putih.

Akan tetapi Myanmar harus mampu mengalahkan Indonesia jika ingin mengamankan tiket semifinal. Sebaliknya, Indonesia hanya butuh minimal hasil imbang karena unggul selisih gol.

Di atas kertas, Indonesia lebih diunggulkan berkat kemenangan besar saat membungkam Timor Leste dan Filipina masing-masing dengan empat gol. Barisan pemain bintang muda Indonesia pun mengindikasikan Egy Maulana Vikri dan kompatriot mempunyai kans menang lebih tinggi.

Anak asuh Shin Tae Yong perlu menyingkirkan euforia berlebihan dan menjadikan kemenangan di dua laga terakhir sebagai motivasi. Ini disebabkan oleh gerak-gerik Myanmar yang kerap memberikan kejutan selama babak penyisihan Grup A SEA Games.

Myanmar tampil perkasa di dua laga pembuka kontra Timor Leste dan Filipina. Kedua pertandingan itu berakhir dengan skor 3-2 untuk kemenangan tim besutan Velizar Popov.

Bombardir lini depan Myanmar terbukti mengerikan dengan torehan tiga gol di masing-masing laga meskipun mampu dibalas lawan. Mereka pun mampu mengevaluasi lini pertahanan sehingga Vietnam harus susah payah mencari celah dan hanya bisa menang 1-0.

Baca lanjutan artikel ini di halaman selanjutnya>>>

Siapa Layak Jadi Starter di Laga Penentu?

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER