Indonesia Kalah 0-1 dari Thailand di Semifinal SEA Games

CNN Indonesia
Kamis, 19 Mei 2022 18:40 WIB
Timnas Indonesia U-23 gagal ke final SEA Games 2021 (2022) usai kalah dari Thailand U-23 pada semifinal cabor sepak bola, Kamis (19/5). Bek Timnas Indonesia Alfeandra Dewangga (tengah) menghentikan pergerakan pemain Thailand. (REUTERS/CHALINEE THIRASUPA)
Jakarta, CNN Indonesia --

Timnas Indonesia U-23 gagal ke final SEA Games 2021 (SEA Games 2022) usai kalah 0-1 dari Thailand U-23 pada semifinal cabor sepak bola di Stadion Thien Truong, Nam Dinh, Kamis (19/5).

Indonesia sejatinya mampu tampil dominan di babak pertama. Peluang terbaik didapat Marc Klok lewat tendangan bebas pada awal babak pertama dan tendangan pojoknya yang mengenai mistar sebelum turun minum.

Selain itu ada juga tandukan dari bek Timnas Indonesia U-23 Rizky Ridho yang masih melenceng tipis di sisi kanan gawang Thailand pada pertengahan laga. Tapi tak ada gol yang tercipta di babak pertama.

Di babak kedua Thailand coba mengambil inisiatif menyerang sejak menit pertama. Meski demikian Indonesia juga mampu memberikan tekanan pada Thailand.

Namun hingga pertandingan babak kedua berakhir tak ada gol yang mampu diciptakan kedua tim. Pertandingan pun berlanjut ke babak tambahan (2x15 menit).

Thailand langsung menekan sejak menit awal babak tambahan. Tendangan keras Worachit masih bisa diselamatkan Ernando di menit ke-91.

Pada menit ke-96 Timnas Indonesia U-23 lebih dulu tertinggal. Mendapat umpan dari Ben Davis, Weerathep Pompun lebih dulu mengontrol bola sambil membalikkan badan sebelum melepaskan tembakan kaki kanan yang bersarang di gawang Indonesia.

Thailand mampu mempertahankan keunggulan 1-0 atas Indonesia hingga pertandingan babak tambahan pertama berakhir. 

Di babak kedua tambahan waktu pertandingan berlangsung ketat. Banyak benturan yang terjadi hingga hujan kartu yang tak terhindarkan.

Pemain Thailand William Gabriel Widersjoe mendapatkan kartu merah pada menit ke-198.

Kemudian tiga pemain Indonesia juga mendapatkan kartu merah yaitu Firza Andhika, Rachmat Irianto, dan Ricky Kambuaya. Bahkan pelatih Thailand Mano Polkung juga mendapatkan kartu kuning.

Namun kedua tim tak mampu mencetak gol hingga laga berakhir. Pertandingan pun berakhir 1-0 untuk kemenangan Thailand.

Kekalahan ini membuat Indonesia gagal lolos ke final SEA Games 2021. Meski demikian Indonesia masih akan bermain di perebutan medali perunggu pada Minggu (22/5).

Susunan pemain

Timnas Indonesia U-23: Ernando Ari Sutaryadi (PG); Rachmat Irianto, Fachruddin Aryanto, Rizky Ridho, Alfeandra Dewangga; Marselino Ferdinan, Marc Klok, Ricky Kambuaya; Egy Maulana Vikri, Irfan Jauhari, Witan Sulaeman.

Thailand: Kawin Thamsatchanan (PG); Nakin Wisetchat, Jonathan, Khemdee, Airfan Doloh Ekanit Panya, Korawich Tasa, Worachit Kanitsribumphen, Chonnapat Buanphan, Benjamin James Davis, Weerathep Pomphun, Chayapipat Supanpasuch.

(rhr/sry)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

TERPOPULER