Rebut Emas, Indonesia Pertegas Dominasi di Voli SEA Games

CNN Indonesia
Minggu, 22 Mei 2022 15:32 WIB
Indonesia berhasil meraih medali emas dari cabang olahraga voli putra SEA Games 2021 (2022) usai mengalahkan Vietnam dengan skor 3-0. Ilustrasi Indonesia di voli SEA Games 2021 (2022). (AFP/PHILIP FONG)
Jakarta, CNN Indonesia --

Indonesia berhasil meraih medali emas dari cabang olahraga voli putra SEA Games 2021 (2022) usai mengalahkan Vietnam dengan skor 3-0, Minggu (22/5) sore WIB.

Hasil ini bukan hanya membuat Indonesia mempertahankan torehan medali emas yang diraih tiga tahun lalu. Medali emas kali ini juga mempertegas dominasi Indonesia yang sudah meraih 11 medali emas sepanjang partisipasi mereka, mengungguli Thailand dengan 8 emas.

Saling kejar poin Indonesia dan Vietnam berlangsung ketat di awal set pertama. Sempat tertinggal 3-5, Indonesia bisa berbalik unggul 6-5 setelah smes keras Rivan Nurmulki tidak mampu dikembalikan pemain Vietnam.


Indonesia tampil semakin percaya diri. Kembali smes keras dari Rivan menembus blok pemain-pemain Vietnam untuk menjauhkan keunggulan menjadi 9-6.

Setelah Rivan giliran Farhan Halim yang beraksi. Smes keras Farhan menghasilkan poin yang bisa menjauhkan keunggulan menjadi 12-7.

Vietnam semakin kesulitan membendung Indonesia. Alhasil poin bisa terus diraih hingga unggul tujuh poin dengan 15-8.

Vietnam tidak menyerah meski jarak poin cukup jauh. Hasilnya tiga poin beruntun bisa direbut untuk memperkecil skor menjadi 11-15.

Tuan rumah menunjukkan semangat pantang menyerah meski terus tertinggal. Vietnam yang sempat tertinggal 11-17 bisa memperkecil kedudukan menjadi empat poin dalam kedudukan 18-22.

Tetapi upaya keras Vietnam itu mampu diatasi Indonesia yang bisa menutup set pertama dengan 25-22 setelah smes dari Rivan tidak mampu dikembalikan pemain Vietnam.

Smes keras Rivan masih menjadi senjata utama Indonesia untuk mendulang poin di set kedua. Indonesia pun bisa unggul 7-3 atas Vietnam.

Vietnam semakin jauh tertinggal dari Indonesia. Smes yang melebar dari salah satu pemain mereka membuat Indonesia unggul enam poin dalam kedudukan 10-4.

Vietnam perlahan bisa memperkecil defisit poin. Pengembalian pemain Indonesia yang tidak sempurna membuat Vietnam hanya tertinggal empat poin, 9-13.

Indonesia tetap tampil tenang meski Vietnam bisa mendekat. Lewat smes keras yang dilepaskan Farhan, Indonesia bisa unggul 15-10.

Blok yang dilakukan Yuda Mardiansyah Putra membuat Indonesia semakin di atas angin dengan unggul 17-11. Blok smes kembali jadi senjata Indonesia setelah antisipasi yang dilakukan Nizar Julfikar menghasilkan poin untuk Indonesia menjadi 18-12.

Indonesia semakin leluasa merebut poin di set kedua untuk menang 25-18. Skor pun berubah menjadi 2-0 untuk keunggulan tim Merah Putih.



Di set ketiga, Indonesia semakin memperlihatkan keunggulan kualitas mereka atas Vietnam. Tuan rumah dibuat kesulitan untuk mengadang smes yang dilancarkan Rivan dan kawan-kawan.

Vietnam pun tidak mampu memberikan perlawanan ketat seperti di dua set awal. Indonesia menutup set ketiga dengan 25-15 untuk menang 3-0 dan memastikan medali emas SEA Games 2021.

[Gambas:Video CNN]

(jal/har)
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER