5 Fakta Usai Timnas Basket Indonesia Cetak Sejarah di SEA Games 2021

CNN Indonesia
Senin, 23 Mei 2022 04:02 WIB
Berikut lima fakta setelah Timnas Basket Indonesia mencetak sejarah dengan merebut medali emas SEA Games 2021 (2022). Timnas Basket Indonesia merebut medali emas SEA Games 2021 (2022). (Arsip Perbasi)
Jakarta, CNN Indonesia --

Timnas basket Indonesia berhasil mencetak sejarah usai meraih medali emas SEA Games 2021 (2022).

Kepastian itu didapatkan anak asuh Milos Pejic usai mengalahkan Filipina 85-81 di Thanh Tri Gymnasium, Minggu (22/5) sore WIB.

Kemenangan itu membuat Indonesia memastikan duduk di posisi teratas perebutan medali emas basket SEA Games 2021 yang menggunakan format round robin. Derrick Michael dan kawan-kawan mengungguli Filipina yang notabene berstatus raja basket Asia Tenggara.


Indonesia memuncaki klasemen dengan mengoleksi 12 poin usai menyapu bersih seluruh kemenangan. Sedangkan Filipina harus puas menempati posisi kedua.

Torehan ini sekaligus menciptakan sejarah baru untuk Indonesia meraih emas untuk kali pertama di ajang SEA Games. Emas SEA Games itu mengakhiri penantian panjang sejak berpartisipasi di pesta olahraga se-Asia Tenggara itu sejak 1977.

Berikut lima fakta usai Timnas Basket Indonesia meraih medali emas SEA Games 2021:

1. Indonesia berhasil memutus dominasi Filipina di ajang basket SEA Games. Filipina telah 13 kali berturut-turut mempertahankan medali emas.

2. Medali emas SEA Games 2021 jadi medali kedelapan yang diraih Indonesia di SEA Games. Sebelumnya Indonesia telah meraih empat perak dan tiga perunggu.

3. Indonesia menjadi negara ketiga yang meraih medali emas. Tim Merah Putih mengikuti jejak Filipina (18 emas) dan Malaysia (2 emas).

4. Terdapat empat pemain di skuad Indonesia yang bermain di luar negeri yakni Agassi Goantara (CB Alhama Baloncesto), Brandon Jawato (Utsunomiya Brex), Derrick Michael Xzavierro (Grand Canyon Antelopes), dan Marques Bolden (Salt Lake City Stars).

5. Indonesia hanya dua kali gagal meraih medali dari enam edisi terakhir SEA Games. Dua kegagalan itu terjadi di SEA Games 2013 saat menempati posisi kelima dan SEA Games 2019 karena hanya mampu menempati posisi keempat.

[Gambas:Video CNN]



(jal/har)
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER