Profil Clement Turpin, Wasit Final Liga Champions Liverpool vs Madrid

jun | CNN Indonesia
Selasa, 24 Mei 2022 20:36 WIB
Berikut profil Clement Turpin wasit asal Prancis yang akan memimpin final Liga Champions antara Liverpool vs Real Madrid. Clement Turpin jadi wasit final Liga Champions antara Liverpool vs Real Madrid. (REUTERS/DAN MULLAN)
Jakarta, CNN Indonesia --

Final Liga Champions 2021/2022 yang melibatkan Liverpool vs Real Madrid, Minggu (29/5) dini hari WIB, bakal dipimpin wasit Clement Turpin.

Turpin bakal menjadi pengadil lapangan hijau yang diwarnai bentrok antartim terbaik di Benua Biru yang akan dihelat di Paris, ibu kota dari negara asal sang wasit.

Kepemimpinan wasit 40 tahun ini akan ikut disorot di sepanjang laga. Turpin pun bakal terus diingat jika membuat keputusan kontroversial di lapangan.


Pria kelahiran Oullins, Prancis, pada 16 Mei 1982 itu mengawali kiprahnya sebagai wasit internasional sejak 2010. Ia juga menjabat wasit keempat di final Liga Champions 2018.

Musim lalu, Turpin mendapat kepercayaan jadi wasit final Liga Europa. Di bawah kepemimpinannya, Villarreal keluar sebagai juara usai mengalahkan Manchester United lewat drama adu penalti 11-10.

Sebelumnya, Turpin juga mendapat kepercayaan memimpin di Piala Dunia edisi 2014 dan 2018. Pada 2016, Turpin terpilih sebagai wasit terbaik di Prancis versi majalah French Football.

Di tahun yang sama, Turpin memimpin ajang bergengsi seperti Euro 2016. Selain itu, ia juga ditugaskan di Olimpiade 2016 Rio de Janeiro.

Rekam jejak yang bagus itulah yang membuat Turpin terpilih sebagai wasit final Liga Champions musim ini.

Dalam kepemimpinan Turpin, Madrid dan Liverpool sama-sama punya catatan bagus. Ia sudah memimpin empat laga Los Blancos di Liga Champions dan semuanya berakhir dengan kemenangan.

Sedangkan Liverpool meraih dua kemenangan dan satu imbang di Liga Champions saat dipimpin Turpin.

[Gambas:Video CNN]

(jun/ptr)
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER