Penampakan Terkini dan Persiapan Akhir Sirkuit Formula E Ancol

CNN Indonesia
Rabu, 01 Jun 2022 17:37 WIB
Balap mobil listrik Formula E akan digelar di Jakarta, Sabtu (4/6) mendatang. Sirkuit yang akan digunakan terus dirapihkan menyambut balapan. Sirkuit Formula E di Kawasan Ancol, Jakarta Utara, Rabu (1/6) di mana pada 4 Juni mendatang balapan akan digelar. (CNN Indonesia/Moch Ryan)
Jakarta, CNN Indonesia --

Persiapan Sirkuit Jakarta International E-Prix (JIEC), Ancol, untuk ajang balap Formula E Jakarta 2022 sudah mencapai tahap akhir. Balapan akan digelar pada Sabtu, 4 Juni 2022 pekan ini.

Formula E Jakarta menjadi seri kesembilan dari musim 2022 yang merupakan pembuka dari paruh kedua musim tersebut.

Berdasarkan pantauan CNNIndonesia.com, Rabu (1/6), tampak sejumlah pekerja tengah melakukan cek sirkuit. Beberapa pekerja lain pun tampak memindahkan material di sekitar infrastruktur lintasan menggunakan alat berat.


Selain itu, sejumlah pekerja juga tampak sedang mengecat dinding pembatas lintasan dan mulai menempelkan stiker sponsor. Sementara itu, semua tribun penonton sudah siap digunakan.

Atap tribun penonton yang sempat roboh beberapa waktu lalu pun sudah selesai diperbaiki.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan persiapan sirkuit tersebut berjalan lancar. Ia optimis seluruh persiapan akan selesai dalam waktu dekat.

"Alhamdulillah kita bersyukur persiapan berjalan degan lancar dan saat ini 1 juni, tiga hari sebelum pelaksanaan, bisa dikatakan seluruh fase persiapan sudah selesai," kata Anies saat meninjau sirkuit tersebut.

Ia menuturkan saat ini yang bekerja mempersiapkan sirkuit tersebut terdiri dari kru yang berasal dari dalam negeri dan dari luar negeri yang sudah biasa menangani balapan Formula E.

"Jadi kalau kita lihat di sini banyak orang yang bekerja, bergerak dari satu tempat ke tempat lain, karena penyelenggaraan Formula E di berbagai tempat," ujarnya.

Sirkuit Formula E di Kawasan Ancol, Jakarta Utara, Rabu (1/6) di mana pada 4 Juni mendatang balapan akan digelar.Sirkuit Formula E di Kawasan Ancol, Jakarta Utara, Rabu (1/6) di mana pada 4 Juni mendatang balapan akan digelar. Foto: CNN Indonesia/Moch Ryan

31 Sponsor Lokal, Tanpa BUMN

Penyelenggara mengaku, hingga hari ini sudah  31 perusahaan swasta juga menjadi sponsor Formula E Jakarta 2022. Vice Managing Director Formula E Jakarta Gunung Kartiko berterima kasih dan berharap dukungan sponsor membantu menyukseskan ajang balap mobil listrik internasional tersebut.

"Pada hari ini kami mengumumkan bahwa Jakarta E-Prix 2022 akan didukung oleh 31 perusahaan swasta dalam negeri dan beberapa sponsor global lain," ujar Gunung.

Adapun para sponsor terdiri dari berbagai industri, seperti bank, kecantikan, perusahaan teknologi, hingga perhotelan. Gunung mengatakan pemberian sponsor Formula E Jakarta juga tidak saja mendapat dukungan dari perusahaan swasta, tetapi juga sponsor global.

"Sponsor yang ada itu selain dari perusahaan swasta dalam negeri, yang memang khusus mendukung perhelatan balap mobil listrik di Indonesia, terdapat juga sponsor global yang sudah ditetapkan dari pihak FEO," tuturnya.

Gunung menyebut sponsor global tersebut hadir di semua balapan di berbagai negara. Untuk nama-nama sponsor global itu bisa di cek langsung di situs fiaformulae.com.

Sementara itu Chairman Organizing Committee Jakarta E Prix Ahmad Sahroni pasrah jika tak mendapat sponsor dari Badan Usaha Milik Negara (BUMN) untuk ajang Formula E Jakarta yang akan digelar Sabtu (4/6).

"Ya sudahlah kalau enggak dikasih, mau diapain, enggak dipaksa," kata Sahroni kepada wartawan di NasDem Tower, Jakarta, Rabu (1/6).

Hingga saat ini, kata Sahroni, persiapan untuk ajang balap mobil listrik itu sudah rampung hingga 90 persen.

"Sponsor saat ini 31 sponsor dari pihak swasta. Tapi yang pasti BUMN per hari ini belum memberikan sponsornya," ucapnya lagi.

Menurutnya, ajang balapan itu direspons positif oleh masyarakat. Antusiasme terlihat dari ludesnya penjualan tiket saat ini.

(mrh/sur)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER