Kronologi Aleix Espargaro Blunder dan Menangis di MotoGP Catalunya

CNN Indonesia
Senin, 06 Jun 2022 02:47 WIB
Berikut kronologi blunder fatal Aleix Espargaro di MotoGP Catalunya 2022 di Sirkuit Barcelona, Minggu (5/6). Aleix Espargaro mengaku salah atas blunder memalukan di MotoGP Cataunya. (AFP/PAU BARRENA)
Jakarta, CNN Indonesia --

Aleix Espargaro membuat kesalahan fatal di MotoGP Catalunya 2022 di Sirkuit Barcelona, Minggu (5/6). Berikut kronologi blunder fatal Aleix di MotoGP Catalunya.

Aleix Espargaro memulai balapan dengan pole position. Namun usai start posisi terdepan diambil alih Fabio Quartararo yang start dari tempat ketiga pada tikungan pertama.

Espargaro membuntuti Quartararo di posisi kedua. Kecelakaan yang terjadi di tikungan pertama membuat Aleix mendapat tekanan dari Jorge Martin.


Sepanjang balapan Aleix Espargaro bersaing ketat dengan Jorge Martin dari tim Pramac untuk posisi kedua.

Usai saling salip, Aleix Espargaro memiliki kan unggul atas Martin dan meraih podium kedua di MotoGP Catalunya.

Tetapi saat melewati garis finis dan balapan menyisakan satu lap, Aleix Espargaro menunjukkan gestur aneh.

Pembalap 32 tahun itu melambaikan tangan ke arah penonton layaknya menuntaskan balapan. Aleix Espargaro kemudian keluar lintasan dengan melanjutkan selebrasi.

Aleix Espargaro dalam konferensi pers Jelang MotoGP Amerika 2022.Aleix Espargaro baru tersadar dari blunder usai disalip sejumlah pembalap. (Dorna Sports)

Espargaro yang lahir di Granollers masih tidak sadar jika balapan belum usai. Blunder fatal Espargaro itu dimanfaatkan Jorge Martin dan Johann Zarco yang sebelum di posisi ketiga serta keempat guna menyalip.

Pembalap Suzuki Joan Mir juga ikut mendapatkan 'rezeki' dari blunder memalukan Aleix Espargaro. Kakak Pol Espargaro itu baru tersadar bahwa balapan belum usai saat Martin dan Zarco menyalip dengan kecepatan tinggi.

Saat tersadar Aleix Espargaro harus bersaing dengan Luca Marini dari tim VR46 guna mendapatkan posisi terbaik.

Beruntung bagi Espargaro bisa mengalahkan Marini dan finis di posisi kelima. Namun hasil itu sangat disayangkan lantaran Espargaro bisa meraih podium kedua.

Banner video highlights MotoGP 2022

Dikutip dari Corsedimoto Aleix Espargaro tidak melihat papan petunjuk dari timnya sehingga terlena berselebrasi.

"Ini 100 persen salah saya, saya memiliki papan dari tim saya. Saat keluar dari tikungan, motor tidak melaju dengan baik, saya tidak sempat melihat dari jauh, saya hanya melihat celah dari Martin yang membuat saya tertarik. Saya melihat ke menara dan saya membuat kesalahan. Itu hanya salah saya," ujar Aleix Espargaro.

Usai finis Espargaro hanya bisa tertunduk di motor menyesali kesalahan krusial yang dilakukan pada lap terakhir.

Ketika sampai di paddock Aleix Espargaro yang pernah membalap untuk Suzuki itu menangis sehingga harus ditenangkan kru Aprilia dan juga CEO Dorna Sports Carmelo Ezpeleta.

Balapan berikutnya digelar di MotoGP Jerman 2022. Live streaming MotoGP Jerman 2022 bisa disaksikan di CNNIndonesia.com sedangkan siaran langsung di Trans7.



(sry/sry)
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER