2 Perubahan Besar Timnas Indonesia di Tangan Shin Tae Yong

CNN Indonesia
Sabtu, 18 Jun 2022 11:20 WIB
Asisten pelatih Timnas Indonesia, Nova Arianto menyebut ada dua perubahan besar tampak di dalam tim dampak dari sentuhan Shin Tae Yong. Shin Tae Yong berhasil mengantarkan Timnas Indonesia ke Piala Asia 2023. (ANTARA FOTO/ZABUR_KARURU)
Jakarta, CNN Indonesia --

Asisten pelatih Timnas Indonesia, Nova Arianto menyebut ada dua perubahan besar tampak di dalam tim dampak dari sentuhan Shin Tae Yong.

Shin Tae Yong dikontrak PSSI pada Desember 2019. Pria asal Korea Selatan ini memulai sentuhannya di timnas pada Januari 2020. Hingga Juni 2022, Nova melihat performa Timnas Indonesia menjanjikan.

Dua perubahan besar yang diperlihatkan segenap pemain Garuda adalah etos kerja dan mentalitas. Setiap pemain yang bergabung di timnas kini punya etos kerja yang tinggi.

"Saya lihat progres pemain Timnas Indonesia sangat luar biasa sejak pertama coach Shin Tae Yong datang hingga terakhir di Kualifikasi Piala Asia 2023, progresnya luar biasa," kata Nova.

"Etos kerja pemain, mentalitas pemain semakin baik di lapangan. Semoga ke depannya ini bisa lebih baik lagi," ujar mantan pemain Persib Bandung tersebut kepada CNNIndonesia.com.

Nova mengisahkan, pemain tidak terlalu terganggu dengan rasa pesimistis masyarakat menjelang Kualifikasi Piala Asia 2023. Hasil imbang lawan Bangladesh memang mengecewakan.

Namun demikian Shin tetap percaya pemain bisa tampil lebih baik. Kepercayaan ini yang membuat segenap pemain terlecut. Mereka ingin membuktikan bisa lolos ke Piala Asia 2023.

"Kami maklum dengan pesimisme masyarakat saat kami berangkat ke Kuwait, setelah imbang melawan Bangladesh. Tapi kami tim pelatih punya periodesasi sendiri," ujar Nova.

Banner live streaming MotoGP 2022

"Bangladesh memang jadi salah satu periodisasi kami untuk Kualifikasi Piala Asia. Setelah itu semuanya berjalan dengan baik dan kami bersyukur bisa lolos ke Piala Asia setelah 15 tahun."



Nova mengisahkan suasana batin pemain sempat tegang menjelang laga melawan Kuwait. Namun perasaan tidak nyaman itu akhirnya bisa dilepas sesaat setelah masuk ke lapangan.
"Menjelang pertandingan pertama melawan Kuwait sebagai pertandingan kunci, ketegangan pasti ada, tetapi coach Shin memberikan instruksi untuk jaga etos kerja di lapangan," kata Nova.

"Ini membuat pemain bisa menunjukkan etos kerja yang sangat baik saat melawan Kuwait. Akhirnya kita bisa membalikkan situasi kalau kita bisa menang melawan mereka," ujarnya.

[Gambas:Video CNN]



(abs/jal)
TOPIK TERKAIT
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

TERPOPULER