Tai Tzu Ying, Doktor yang Juara Indonesia Open 2022

CNN Indonesia
Minggu, 19 Jun 2022 20:03 WIB
Tunggal putri asal Taiwan Tai Tzu Ying menjadi juara Indonesia Open 2022 beberapa hari setelah merebut gelar doktor. Tai Tzu Ying menang Indonesia Open 2022. (ANTARA FOTO/SIGID KURNIAWAN)
Jakarta, CNN Indonesia --

Tunggal putri asal Taiwan Tai Tzu Ying menjadi juara Indonesia Open 2022 beberapa hari setelah merebut gelar doktor.

Pebulutangkis 27 tahun itu baru saja menyelesaikan studi strata ketiganya (S3) dan mendapat gelar doktoral PhD di Universitas Taipei dengan jurusan Sports Sciences.

Baginya Tai Tzu Ying, pendidikan merupakan hal yang tetap harus diperhatikan bagi seorang atlet. Ia mengaku tak kesulitan ketika harus membagi waktu berlatih dan kuliah.


"Cara saya membagi waktu untuk mendapatkan gelar [studi], saya harus bicara dengan dosennya untuk mengatur waktu sendiri," kata Tzu Ying usai menjadi juara Indonesia Open 2022, Minggu (19/6).

Tai Tzu Ying menyelesaikan sidang disertasi di Universitas Taipei pada 9 Juni, beberapa hari sebelum Indonesia Open 2022. Tzu Ying kemudian dinyatakan lulus S3 dalam upacara kelulusan pada 13 Juni.

Meski harus bepergian ke berbagai negara untuk mengikuti turnamen, Tzu Ying berkoordinasi dengan dosen demi mencari waktu yang tepat untuk kuliah. Tak jarang dirinya harus menjalani sesi kelas secara daring.

Banner live streaming MotoGP 2022

"Kalau tidak ada latihan, saya mencari waktu untuk mencari dosen. Ada permintaan juga ke dosen supaya lebih banyak kelas online karena lagi pandemi. Untuk menyelesaikan beban kuliahnya, saya minta bantuan kepada dosen," ujarnya.

Tzu Ying mengungkapkan tak banyak atlet di negaranya yang berkuliah sambil tetap menjalani profesi sebagai atlet. Padahal menurutnya, pendidikan adalah salah satu kunci sukses menjadi atlet.

Peraih medali emas Asian Games 2018 itu juga belum berencana pensiun dalam waktu dekat. Tzu Ying mengatakan masih ada banyak turnamen yang ingin ia rebut sebelum gantung raket.

"Pendidikan itu sangat penting, karena di Taipei itu susah dan jarang ada pemain yang ambil gelar doktor sambil bertanding. Terima kasih kepada universitas yang bisa memberikan bantuan terutama saat latihan sambil mengambil gelar. Saya harap bisa dalam kondisi fit dan sehat untuk terus mengikuti pertandingan ke depan," ucap Tzu Ying.

[Gambas:Video CNN]

(ikh/har)
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER