Podium MotoGP Belanda, Kebangkitan Vinales Usai 1 Tahun Terpuruk

CNN Indonesia
Senin, 27 Jun 2022 20:37 WIB
Maverick Vinales bangkit setelah satu tahun terpuruk di MotoGP dengan meraih podium ketiga MotoGP Belanda 2022 di Sirkuit Assen, Minggu (26/6). Maverick Vinales kembali podium setelah satu tahun. (REUTERS/PIROSCHKA VAN DE WOUW)
Jakarta, CNN Indonesia --

Maverick Vinales bangkit setelah satu tahun terpuruk di MotoGP dengan meraih podium ketiga MotoGP Belanda 2022 di Sirkuit Assen, Minggu (26/6).

Di MotoGP Belanda Vinales start dari posisi ke-11. Namun pembalap asal Spanyol itu bisa memanfaatkan sejumlah momentum dalam balapan dan finis di podium ketiga.

Podium MotoGP Belanda 2022 adalah yang pertama bagi Vinales dalam satu tahu terakhir. Kali terakhir Vinales naik podium adalah di MotoGP Belanda 2021 dengan finis kedua pada 27 Juni 2021.

Di MotoGP Belanda 2021 kala itu Maverick Vinales masih berstatus sebagai pembalap Yamaha, sebelum konflik kedua pihak memanas, hingga akhirnya Vinales angkat kaki ke Aprilia.

Vinales pindah ke Aprilia pada paruh kedua MotoGP 2021. Setelah pindah mantan pembalap Suzuki tersebut kesulitan kembali ke podium.

Catatan terbaik Vinales selama di Aprilia adalah finis ketujuh di MotoGP Catalunya 2022 dengan menempati posisi ketujuh.

Banner video highlights MotoGP 2022Foto: CNN Indonesia/Astari Kusumawardhani

Nasib Vinales berubah di MotoGP Belanda 2022. Usai start Vinales naik ke posisi kesembilan. Lalu memanfaatkan insiden Fabio Quartararo dan Aleix Espargaro untuk memperbaiki posisi ke tempat kelima.

Vinales kemudian menyalip Brad Binder di tikungan 4 lap 11 untuk mengisi posisi keempat. Pembalap 27 tahun itu mendapatkan keuntungan setelah Jack Miller mendapat long lap penalty pada lap 18.

Vinales yang naik ke posisi ketiga mempertahankan tempatnya itu hingga balapan usai. Podium itu juga jadi yang pertama bagi Vinales untuk Aprilia.

[Gambas:Video CNN]

"Mengesankan, sangat senang. Sangat senang untuk semua pekerjaan. Kami bekerja sangat keras setiap hari, tidak hanya di atas motor, tapi di luar itu juga. Dan hari ini terbayar. Sangat bahagia," ujar Vinales dikutip dari Motosan.

"Kami mengambil langkah kecil untuk bisa bertarung setiap akhir pekan demi meraih podium. Sachsenring memalukan karena saya pikir saya bisa menantang untuk podium. Dan di sini di Assen baik-baik saja, tapi belum cukup lancar. Saya perlu sedikit lagi waktu untuk beradaptasi," ucap Vinales menambahkan.

Balapan berikutnya berlangsung di MotoGP Inggris di Silverstone. Saksikan live streaming MotoGP Inggris, Minggu (7/8), di CNNIndonesia.com, sementara siaran langsung balapan dapat ditonton di Trans7.



(sry/ptr)
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TERPOPULER