Profil Hokky Caraka: Eks Bek Tengah yang Ukir Quattrick Lawan Brunei

CNN Indonesia
Selasa, 05 Jul 2022 07:00 WIB
Nama Hokky Caraka jadi buah bibir usai Timnas Indonesia U-19 menang besar 7-0 atas Brunei Darussalam di Piala AFF U-19 2022, Senin (4/7) malam. Hokky Caraka cetak quattrick ke gawang Brunei Darussalam. (CNNIndonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia --

Nama Hokky Caraka jadi buah bibir usai Timnas Indonesia U-19 menang besar 7-0 atas Brunei Darussalam di Piala AFF U-19 2022, Senin (4/7) malam.

Hokky tenar lantaran mencetak empat gol bagi Tim Merah Putih, yang seluruhnya terjadi pada babak pertama. Sedangkan tiga gol lain dilesakkan Ronaldo Kwateh, Arkhan Fikri, dan Alfriyanto Nico.

Pemain 17 tahun itu rupanya mengalami perubahan posisi bermain sebelum menjadi striker di Timnas Indonesia U-19.

Awal karier Hokky yang dimulai dari PSS junior sebagai bek, khususnya stopper. Postur besar jadi andalan pemain kelahiran Gunungkidul sebagai palang pintu pertahanan.

Hanya saja saat masuk program Garuda Select, pelatih Dennis Wise mengubah posisinya menjadi striker. Menurut Hokky perubahan itu terjadi dalam tes lari di Garuda Select.

Sebagai pemain belakang, catatan lari Hokky terbilang cepat. Hasil tersebut seperti menggali potensi lain dalam diri Hokky.

"Saya kemudian mendapatkan pertanyaan dari tim pelatih, 'Selain posisi stopper kamu bisanya apa, saya jawab jadi striker. Kemudian saat sesi game, babak pertama jadi stopper kemudian babak kedua di tes jadi striker, alhamdulillah cetak tiga gol," ujar Hokky dikutip dari situs PSS.

"Dari situ Dennis Wise makin yakin saya aslinya bukan stopper jadinya dipasang jadi striker," tutur Hokky menambahkan.

Mulanya Hokky mengaku kesulitan adaptasi dari seorang stopper menjadi striker. Mulai dari cara kontrol tubuh, balik badan dalam akselerasi, hingga menembak jadi serbakesulitan.

Sampai akhirnya selama pemusatan latihan di Inggris Hokky Caraka memberikan jawaban dengan mencetak lima gol dari 11 pertandingan. Dua gol ke gawang Queen Park Rangers, dan masing-masing satu gol ke gawang Southampton, Leeds United, serta Sheffield.

Dengan pembuktian saat melawan Brunei, Hokky Caraka siap mengemban tanggung jawab sebenarnya sebagai striker bersama Timnas Indonesia U-19 di Piala AFF U-19 2022.

Kemenangan telak 7-0 atas Brunei di Piala AFF U-19 2022 di Stadion Patriot menempatkan Indonesia di peringkat kedua klasemen Grup A di bawah Thailand.

[Gambas:Video CNN]



(sry/jal)
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

TERPOPULER