Wali Kota Ingin Semarang Kembali Jadi Barometer Tinju Nasional

Pemkot Semarang | CNN Indonesia
Rabu, 06 Jul 2022 12:03 WIB
Wali Kota Hendrar Prihadi ingin mengembalikan masa keemasan dunia tinju Semarang yang pernah melahirkan petinju-petinju nasional yang disegani. Wali Kota Hendrar Prihadi ingin mengembalikan masa keemasan dunia tinju Semarang yang pernah melahirkan petinju-petinju nasional yang disegani. (Foto: Arsip Pemkot Semarang)
Jakarta, CNN Indonesia --

Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi menegaskan komitmen untuk meningkatkan prestasi atlet tinju di Semarang. Salah satunya, dengan mendukung gelaran Semarang Boxing Day (SBD) 2022 yang telah vakum selama dua tahun akibat pandemi Covid-19.

Sebelumnya, diketahui bahwa Semarang kerap melahirkan petinju kelas nasional yang disegani, mulai Sutan Rambing, Sonny Rambing, hingga Chris John. Saat ini, tongkat estafet tinju Semarang seolah terhenti. Hendi, demikian panggilan Hendrar, melihat hal itu sebagai cambuk untuk kembali menjadikan Semarang sebagai barometer tinju Indonesia.

Pada gelaran SBD beberapa waktu lalu, juga dilakukan pelantikan pengurus baru Persatuan Tinju Amatir Indonesia (Pertina) Kota Semarang periode 2022-2026. Diadakan di Taman Budaya Raden Saleh, Pertina sekaligus merupakan pelaksana kegiatan SBD.

"Selamat untuk pengurus Pertina Kota Semarang yang baru saja dilantik. PON kemarin menunjukkan data statistik bahwa Jawa Tengah untuk olah raga tinju memperoleh emas dan atlet yang memberikan kontribusi dari Pertina Solo. Maka tugas kita kali ini harus membangkitkan kembali tinju yang ada di Kota Semarang," kata Hendi saat membuka Semarang Boxing Day.

Dalam kesempatan yang sama, Hendi juga menyampaikan apresiasi terhadap penyelenggaraan SBD. Menurutnya, para atlet yang sudah rajin berlatih tetap memerlukan ruang untuk menunjukkan kemampuan dan belajar dari lawan, yaitu berupa turnamen. Untuk itu, Hendi mendorong agar kegiatan serupa lebih sering diadakan.

"Maka dari itu, sering-seringlah mengadakan kegiatan seperti ini. Mudah-mudahan muncul atlet-atlet yang handal dari Kota Semarang yang mampu mengharumkan nama bangsa di tingkat internasional," katanya.

Hendi mengingat, Sonny Rambing kerap memberikan ilmu kepada para junior, sehingga menghasilkan sejumlah prestasi skala nasional. Dengan sejarah tinju tersebut, lanjutnya, Pertina Kota Semarang punya tanggung jawab yang besar dalam mengembalikan kejayaan atlet-atlet tinju dari Kota Semarang.

"Maka ini menjadi sebuah potensi dan peluang untuk bisa membangkitkan lagi tinju," kata Hendi.

(rea/rea)
TOPIK TERKAIT
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

TERPOPULER