Menpora Pastikan Venue ASEAN Para Games 2022 Siap Pakai

CNN Indonesia
Selasa, 19 Jul 2022 02:25 WIB
Menteri Pemuda dan Olahraga Zainuddin Amali memastikan semua venue ASEAN Para Games 2022 siap digunakan usai melakukan peninjauan, Senin (18/7). Menpora Zainudin Amai dan Gibran Rakabuming tinjau venue ASEAN Para Games. (ANTARA FOTO/MOHAMMAD AYUDHA)
Jakarta, CNN Indonesia --

Menpora Zainudin Amali memastikan semua venue ASEAN Para Games 2022 siap digunakan usai melakukan peninjauan, Senin (18/7).

"Secara keseluruhan saya melihat kita sudah siap menerima kedatangan peserta dari negara-negara ASEAN," kata Menpora.

Meski demikian ia mengakui masih ada beberapa hal yang perlu dipoles. Di antaranya penataan lampu dan sejumlah kelengkapan di beberapa venue.

"Saya kira tidak banyak lagi. Tinggal sedikit, misalnya lampu diatur lagi, AC-nya dimasukkan lagi yang portabel," ucap Menteri asal Gorontalo itu.

Pada kesempatan tersebut Amali mengapresiasi semua pihak yang terlibat dalam persiapan ASEAN Para Games 2022 yang akan dimulai 30 Juli mendatang. Mengingat gelaran multievent itu hanya disiapkan dalam waktu singkat.

Solo dipilih menjadi tuan rumah ASEAN Para Games 2022 pada bulan Januari lalu. Praktis panitia hanya memiliki waktu tujuh bulan untuk menyiapkan event yang diikuti atlet-atlet disabilitas dari negara-negara ASEAN itu.

"Karena kita sudah terbiasa mendapat pekerjaan menjadi tuan rumah event semacam ini, sehingga tidak terlalu sulit buat Indonesia," tutur Amali.

Ketua INASPOC Gibran Rakabuming Raka menambahkan, saat ini panitia tengah menyelenggarakan pelatihan untuk relawan yang akan dilibatkan dalam event internasional itu. Ia membeberkan minat masyarakat untuk menjadi relawan di ASEAN Para Games 2022 sangat tinggi.

"Yang daftar tujuh ribu padahal cuma butuh seribu lebih sedikit. Sekarang kita sedang fokus melakukan pelatihan untuk mereka," kata Wali Kota Solo itu.

Selain pelatihan volunteer, INASPOC juga tengah menyiapkan serangkaian acara untuk menyemarakkan ASEAN Para Games 2022 di Solo, seperti torch relay dan opening ceremony.

"Juga persiapan untuk menyambut para kontingen tanggal 26 nanti," ucap Gibran.

[Gambas:Video CNN]



(syd/sry)
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

TERPOPULER