Pencarian Pelatih Tunggal Putra Belum Jadi Hal Darurat untuk PBSI

ptr | CNN Indonesia
Selasa, 26 Jul 2022 07:49 WIB
Kebutuhan pelatih tunggal putra belum jadi hal darurat untuk Pengurus Pusat Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PP PBSI). Irwansyah saat ini masih sendirian memegang tunggal putra utama pelatnas Cipayung. (ANTARA FOTO/M RISYAL HIDAYAT)
Jakarta, CNN Indonesia --

Kebutuhan pelatih tunggal putra belum jadi hal darurat untuk Pengurus Pusat Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PP PBSI).

Hal tersebut terungkap dari jawaban Kabid Binpres PBSI Rionny Mainaky. Rionny menyiratkan PBSI belum akan mengambil langkah strategis untuk perekrutan pelatih tunggal putra dalam waktu dekat.

"Iya [pelatih tunggal] putra kan masih [status lama] dan manajemen-nya bagus. Saya lihat dia dibantu oleh pelatih-pelatih pratama dan saya juga turun tangan [sebagai pelatih tunggal putri]. Jadi mereka bisa, saya rasa tidak akan mengganggu sih," kata Rionny.

"Jojo dan Ginting itu orangnya disiplin dan teratur dari pola hidupnya. Mereka sudah benar-benar profesional lah. Jadi saya tidak terlalu khawatir dan saya juga lihat bagaimana persiapan mereka latihan dan saya rasa bisa berjalan dengan baik," ujar Rionny menambahkan.

Posisi kepala pelatih tunggal putra kosong semenjak Hendry Saputra tidak lagi menjabat posisi tersebut sejak awal tahun ini. Irwansyah kini jadi satu-satunya pelatih di sektor tunggal putra utama.

Sebelumnya, Irwansyah sendiri menyatakan bahwa dirinya bakal lebih senang bila ada dua pelatih yang menangani pemain di sektor tunggal putra utama. Selama ini, ia sendirian memegang sembilan atlet yang masuk kategori tunggal putra utama.

Salah satu kendala yang hadir adalah bila Irwansyah harus ikut menemani sejumlah pemain ke turnamen luar negeri. Pemain tunggal putra utama lainnya yang sedang di Pelatnas Cipayung tidak bisa dipantau langsung olehnya.

Dalam kondisi demikian, Irwansyah menitipkan pemain-pemain tunggal putra utama untuk dipegang oleh pelatih pelatnas pratama.

"Kalau menurut saya enaknya berdua. Tetapi bukan berarti empat orang ke saya atau bagaimana. Semuanya tetap kami yang latih, tetapi ada kolaborasi. Program tetap dibuat bersama dan konsisten dalam latihan. Enaknya memang berdua."

Banner Testimoni

"Sementara ini bila saya sedang mendampingi atlet ke luar negeri, pemain yang tinggal di pelatnas berlatih bersama tim tunggal putra pratama, karena tidak mungkin saya sendiri yang pegang sedang saya ada di luar," ucap Irwansyah dalam wawancara dengan CNNIndonesia.com pekan lalu.

[Gambas:Video CNN]

(ptr/jun)
TOPIK TERKAIT
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

TERPOPULER