ANALISIS

Misteri Klub Baru Egy dan Witan: Rahasia dan Tantangan

Abdul Susila | CNN Indonesia
Kamis, 28 Jul 2022 06:35 WIB
Egy Maulana Vikri dan Witan Sulaeman sedang dalam status tanpa klub saat ini. Misteri klub berikut keduanya jadi salah satu hal yang patut dinanti. Witan sempat bergabung dengan latihan persiapan musim baru bersama Lechia Gdansk sebelum akhirnya hengkang. (ANTARA FOTO/ZABUR_KARURU)

Dalam desas-desus yang serba abu-abu, Egy Maulana Vikri dan Witan Sulaeman dikabarkan bakal bermain di Asia. Namun di negara mana hingga kini masih misteri.

Asia dianggap jadi pilihan realistis karena sejumlah kompetisi baru akan dimulai. Selain Liga Indonesia, klub-klub Arab baru akan dimulai pada September tahun ini. Begitu pula dengan klub Australia.

A-League Men 2022/2023 rencananya bergulir pada 7 Oktober. Mengingat kompetisi di Australia dianggap tak kalah dengan Eropa, berkarier di Negeri Kanguru tersebut dinilai masih realistis.

Sejarah juga mencatat sejumlah nama pernah berkarier di Australia. Beberapa di antaranya adalah Iswadi Idris, Sergio van Dijk, hingga Syahrian Abimanyu.

Geografis Indonesia dan Australia yang berdekatan meski beda benua, bisa memberi keuntungan lain. Efek dari mengontrak Egy dan Witan telah dirasakan klub-klub Polandia dan Slovakia.

Jika mengacu ranking AFC, lima kompetisi terbaik Asia adalah Arab Saudi, Korea Selatan, Jepang, Iran, dan Qatar. Dari kelima kompetisi ini, tiga di antaranya baru akan bergulir September atau Oktober.

Dua negara yang sudah bergulir adalah Korea Selatan dan Jepang. Jendela transfer tengah musim kompetisi di dua negara tersebut pun sudah tutup. Dengan kata lain kans ke Jepang dan Korea agak tertutup.

Sejatinya tak benar-benar tertutup. Bisa saja Egy dan Witan mendapat kontrak, tetapi tidak bisa main di musim ini. Keduanya hanya mengikuti latihan klub untuk adaptasi sebelum tampil di musim 2023.

Masalahnya ada stigma bahwa bermain di Asia meski dengan klub besar, akan lebih prestise bermain di Eropa meski bersama klub kecil. Eropa masih dianggap sebagai tolok ukur karier yang mentereng.

Eropa dengan segala kelebihannya tetap memberikan dampak positif. Apalagi Egy tinggal butuh satu musim lagi untuk bisa tampil di Jerman yang selama ini dikenal sebagai batu loncatan menuju Spanyol dan Inggris.

Namun ketetapan ada di tangan Egy dan Witan. Rahasia klub baru keduanya kiranya tinggal menghitung hari untuk segera diumumkan. Satu yang pasti, belum saatnya untuk kembali ke Liga Indonesia.

[Gambas:Video CNN]

(abs/ptr)
HALAMAN :
1 2
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TERPOPULER