Jokowi Siapkan 30-50 Hektare Tanah di IKN untuk TC Timnas

CNN Indonesia
Rabu, 03 Agu 2022 17:10 WIB
Presiden Jokowi disebut Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan menjanjikan tanah seluas 30 sampai 50 hektare di IKN Nusantara untuk training center Timnas Indonesia. Timnas Indonesia melakukan pemusatan latihan di Kompleks Gelora Bung Karno. (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A)
Jakarta, CNN Indonesia --

Presiden Joko Widodo (Jokowi) disebut Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan menjanjikan tanah seluas 30 sampai 50 hektare di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara untuk training center (TC) Timnas Indonesia.

Hal tersebut diungkapkan Iriawan dalam jumpa pers daring setelah dipanggil ke Istana Negara pada Rabu (3/8) siang. Hadir pula dalam pertemuan tersebut Menpora Zainudin Amali dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung.

"Ada beberapa poin yang disampaikan dalam pertemuan tadi, yaitu menanyakan soal training center. Pak Presiden menanyakan soal training center, apakah sudah ada tempatnya atau tidak?" kata Iriawan.

"Kemudian beliau menawarkan akan menyiapkan di IKN sekalian dengan pembangunannya. Saya bilang ke Pak Presiden, 15 hektare cukup untuk training center, tapi tadi dibilang Presiden 30 sampai 50 hektare disiapkan," ujarnya.

Iriawan mengisahkan tanah seluas 30 hingga 50 hektare tersebut harus bisa menjadi kawah candradimuka Timnas Indonesia. Selain untuk lokasi pemusatan latihan, nantinya kantor PSSI yang baru juga akan dibangun di sana.

Untuk lokasi pastinya, disebut Iriawan masih belum diketahui dan baru dipastikan tidak terlalu jauh dari bandara internasional Sepinggan di Balikpapan. Lokasinya bisa ditempuh kurang dari sejam.

"Untuk tempatnya nanti kita tunggu perintah pak Presiden. Nanti kita akan tinjau ke sana juga. Jarak tempuhnya hanya satu jam dari Sepinggan, Balikpapan. Tidak boleh lebih dari dua setengah jam," ucapnya menjelaskan.

Diketahui hingga kini PSSI belum memiliki training center. Biasanya Timnas Indonesia berlatih di berbagai tempat seperti komplek Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta. Untuk TC ini PSSI harus melakukan pembayaran alias tidak gratis.

Sementara untuk kantor federasi sepak bola, merujuk pada aturan FIFA, harus bertempat di ibu kota negara.

[Gambas:Video CNN]

(abs/nva)
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TERPOPULER