Rizki Juniansyah Sumbang 3 Emas di ISG, Indonesia Naik Peringkat

CNN Indonesia
Sabtu, 13 Agu 2022 19:20 WIB
Posisi Indonesia di klasemen Islamic Solidarity Games (ISG) 2021 menanjak berkat sumbangan tiga emas yang ditorehkan Rizki Juniansyah. Rizki Juniansyah mencatatkan tiga medali emas untuk Indonesia di cabang olahraga angkat besi Islamic Solidarity Games. (dok. NOC)
Jakarta, CNN Indonesia --

Posisi Indonesia di klasemen Islamic Solidarity Games (ISG) 2021 menanjak berkat sumbangan tiga emas yang ditorehkan Rizki Juniansyah dari cabang olahraga angkat besi kelas 73 kilogram putra.

Rizki yang merupakan lifter muda Indonesia dan kerap menorehkan medali di berbagai ajang angkat besi dunia kembali mengharumkan nama bangsa.

Atlet 19 tahun itu mencatatkan tiga keping emas di ISG dari kelas 73 kilogram putra. Rizki menjadi penguasa di kelas tersebut dengan menempatkan nama di posisi teratas dalam angkatan snatch, clean and jerk, serta jumlah total angkatan.

Pada angkatan snatch, Rizki bisa mengangkat beban seberat 150 kilogram. Jumlah angkatan tersebut membuat Rizky unggul lima kilogram atas lifter Kazakhstan, Alexey Churkin, yang menempati urutan kedua.

Sementara pada angkatan clean and jerk, Rizki sukses mengangkat beban dengan berat 190 kilogram. Rizki lagi-lagi mengungguli Churkin. Tidak main-main keunggulan Rizki mencapai 20 kilogram.

Dalam total angkatan, Rizki mencatatakan berat 340 kilogram. Churkin ada di peringkat kedua dengan total angkatan 315 kilogram. Sedangkan lifter Arab Saudi Abdurahman Albelaldi menempati peringkat ketiga dengan total angkatan 296 kilogram (130 kg di snatch dan 166 di clean and jerk).

Angkatan snatch 150 kilogram dan clean and jerk 190 kilogram adalah rekor lama Rizki. Atlet asal Serang, Banten, itu berupaya mempertajam rekor dengan berupaya mengangkat beban seberat 195 kilogram pada percobaan terakhir clean and jerk. Namun Rizki gagal melakukannya.

Kendati demikian, tiga medali emas tetap menjadi milik Rizki yang membuat perbendaharaan kontingen Indonesia bertambah menjadi 11 emas, empat perak, dan enam perunggu.

Hingga Sabtu (13/8) pukul 18.20 WIB, Indonesia masih menempati peringkat kelima di klasemen sementara ISG.

[Gambas:Video CNN]

(nva/nva)
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

TERPOPULER