Markus Horison Beberkan Rahasia Gawang Timnas U-16 Minim Kebobolan

jun | CNN Indonesia
Kamis, 18 Agu 2022 01:35 WIB
Selain berhasil meraih juara Piala AFF U-16 2022, Timnas Indonesia U-16 menjadi kontestan yang paling minim kebobolan. Apa rahasianya? Timnas Indonesia U-16 jadi tim paling minim kebobolan di Piala AFF U-16 2022. (Foto: Dok PSSI)
Jakarta, CNN Indonesia --

Selain berhasil meraih juara Piala AFF U-16 2022, Timnas Indonesia U-16 menjadi kontestan yang paling minim kebobolan. Apa rahasianya?

Indonesia tercatat hanya dua kali kebobolan di sepanjang turnamen. Kebobolan pertama terjadi saat Indonesia menang 2-1 lawan Vietnam di babak penyisihan grup.

Berikutnya, Indonesia kecolongan gol saat bermain imbang 1-1 lawan Myanmar di semifinal. Namun, Indonesia berhak melaju ke partai final usai memenangi adu penalti 5-4.

Solidnya lini belakang ditambah performa apik kiper Andrika Fathir Rachman punya andil besar untuk menjaga pertahanan Garuda Asia.

Asisten pelatih Timnas U-16, Markus Horison, menyebut sebenarnya tim Merah Putih mengalami krisis penjaga gawang di sepanjang turnamen.

"Kiper Timnas U-16 ada empat orang. Sebenarnya waktu Piala AFF u-16 kemarin kami krisis kiper. Hanya satu yang fit, yang lainnya sedang sakit semua," pada sesi wawancara Konser 17-an Indonesia di Studio Indosiar, Jakarta, Rabu (17/8).

"Karena masih bermain di level U-16 yang jam terbangnya belum terlalu banyak, saya berpesan anggap setiap pertandingan adalah final. Konsentrasi, ingat orang tua, dan kalau bisa di gawang itu berdoa dan zikir," terang Markus.

Meski minim stok penjaga gawang, Andrika yang jadi andalan utama mampu menjawab kepercayaan dengan baik di sepanjang turnamen.

Banner Testimoni

Aksi terbaik Andrika adalah saat berhasil menggagalkan tendangan Shine Wanna Aung dalam drama adu penalti lawan Myanmar di semifinal. Penyelamatan penting itu membuat Indonesia menang 5-4 dari Myanmar.

Di final, Indonesia berhasil mengalahkan Vietnam dengan skor 1-0. Gol semata wayang tim Merah Putih dicetak kafiatur Rizky.

[Gambas:Video CNN]

(jun/jun)
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

TERPOPULER