Park Hang Seo Tolak Ikuti Jejak Indonesia Soal Naturalisasi

Bowie Haryanto | CNN Indonesia
Selasa, 20 Sep 2022 13:14 WIB
Park Hang Seo menolak ikuti jejak langkah Indonesia dan Malaysia yang melakukan naturalisasi pemain meski tidak memiliki darah keturunan negara masing-masing. Park Hang Seo terbuka dengan pemain naturalisasi untuk timnas Vietnam. (AP/Hassan Ammar)
Jakarta, CNN Indonesia --

Pelatih timnas Vietnam Park Hang Seo menolak ikuti jejak langkah Timnas Indonesia dan Malaysia yang melakukan naturalisasi pemain meski tidak memiliki darah keturunan negara masing-masing.

Hang Seo dalam konferensi pers jelang turnamen VFF Tri Nations Series 2022, Selasa (20/9), mengaku terbuka untuk melakukan naturalisasi pemain. Dengan syarat pemain itu punya keturunan dan kewarganegaraan Vietnam.

"Jika pemain itu punya akar Vietnam dan punya kewarganegaraan Vietnam, mereka bisa menjadi pemain timnas Vietnam. Saya tidak tahu berapa banyak pemain seperti itu yang bermain di luar. VFF tidak memiliki banyak informasi untuk diberikan. Jika ada, saya akan mencari tahu sendiri," ujar Hang Seo dikutip dari Soha.

Hang Seo menolak mengikuti langkah yang sebelumnya dilakukan Indonesia dan Malaysia, yang sempat melakukan naturalisasi pemain tim nasional tanpa ada darah atau keturunan negara masing-masing.

Timnas Indonesia sebelumnya menaturalisasi pemain seperti Cristian Gonzales, Beto Goncalves, hingga Victor Igbonefo yang tidak memiliki darah Indonesia. Sementara Malaysia menaturalisasi pemain seperti Mohamadou Sumareh dan Guilherme de Paula.

Namun belakangan Indonesia, melalui PSSI, lebih fokus menaturalisasi pemain yang memiliki darah keturunan Indonesia dan harus berdasarkan rekomendasi pelatih Shin Tae Yong. Saat ini PSSI sedang proses menaturalisasi Sandy Walsh, Jordi Amat, dan Shayne Pattynama.

[Gambas:Video CNN]

"Saat ini beberapa tim [ASEAN] sedang aktif melakukan naturalisasi. Menurut saya naturalisasi memiliki kelebihan dan kekurangan. Saya tidak bisa mengatakan suka atau tidak," ujar Hang Seo.

"Kita harus mengikuti aturan pemerintah, jika pemerintah mengizinkan, kita harus memperhitungkan. Tapi sepak bola adalah olahraga tim. Saya tidak bisa hanya membawa pemain itu, tetapi juga harus melihat apakah pemain itu dapat berintegrasi dengan budaya dan semangat Vietnam," ucap Hang Seo.

Lebih lanjut pelatih asal Korea Selatan itu mengatakan sudah tidak aktif memantau pemain keturunan Vietnam yang bermain di luar negeri.

"Di antara pemain Vietnam di luar negeri, saya hanya memiliki informasi paling banyak dari penjaga gawang yang bermain di Republik Ceko [Filip Nguyen]. Saya dulu sering pergi ke Norwegia untuk menyaksikan penampilan pemain kelahiran Vietnam [Alexandre Dang], tetapi sekarang jarang," ujar Hang Seo.

Vietnam akan menghadapi Singapura dan India pada ajang VFF Tri Nations Series 2022 pekan ini.

(har/har)
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TERPOPULER