Demo Bobotoh Berujung Ricuh, Kantor Persib Dilempari Batu dan Botol

CNN Indonesia
Rabu, 28 Sep 2022 18:38 WIB
Aksi damai bertajuk The Power of Bobotoh yang digelar di depan kantor Persib Bandung berujung ricuh pada Rabu (28/9). Ilustrasi Bobotoh. (ANTARA FOTO/Fahrul Jayadiputra)
Jakarta, CNN Indonesia --

Aksi damai bertajuk The Power of Bobotoh yang digelar di depan kantor PT Persib Bandung Bermartabat (PT PBB), Jalan Sulanjana, Kota Bandung, berujung ricuh pada Rabu (28/9).

Kerusuhan terjadi massa kecewa tidak dipertemukan dengan perwakilan manajemen Persib dalam aksi tersebut.

Demonstrasi itu awalnya berjalan damai. Dimulai dengan penyampaian orasi hingga aksi membentangkan spanduk dan poster.

Namun menjelang waktu akhir demo, massa mulai melakukan tindakan anarkis. Sejumlah batu dan botol kaca dilempar ke kantor Persib.

Insiden pelemparan ke kantor manajemen Persib pun membuat orang-orang yang semula di teras kantor, mulai masuk ke dalam.

Meski begitu suasana ricuh tersebut hanya berlangsung sekitar 15 menit. Petugas juga langsung mengevakuasi orang-orang ke bagian restoran Graha Persib.

Perwakilan Bobotoh Yudi Baduy mengatakan, aksi demo ini meminta manajemen Persib memperbaiki sistem tiket laga kandang Maung Bandung. Di mana sistem online dinilai cukup merepotkan bagi sebagian besar Bobotoh.

"Tuntutannya satu, permudah tiket khususnya untuk komunitas. Seperti yang sudah-sudah kolektif saja," ujar Yudi.

Menurut Yudi sistem distribusi tiket kepada komunitas yang saat ini berlaku menyulitkan mereka. Hal itu lantaran komunitas Bobotoh dari luar kota harus lebih dulu menukar tiket ke lokasi satu per satu.

"Maaf, ini bukan soal kuota tapi ini soal sistem distribusi. Karena memang kemarin kami mendapatkan kendala ketika komunitas ini harus mengambil tiket one by one," ucap Yudi.

"Artinya, kalau rombongan kami yang datang satu bus, dua bus, itu harus ambil satu-satu mengantre. Kebayang kalau dari yang luar kota, bagaimana," tutur Yudi menambahkan.

Oleh karena itu Yudi berharap agar penukaran e-ticket ke tiket fisik dilakukan seperti semula yaitu kolektif.

"Itu jadi kendala, apalagi tempat penukarannya dibuka pas hari H. Dari jam 7 sampai jam 2, enggak jelas itu, waktunya sudah habis. Karena itu, khusus buat komunitas sistem distribusinya kolektif saja," katanya.

Sebelumnya, ribuan Bobotoh awalnya berkumpul di sekitar Gelora Saparua, Kota Bandung. Setelah itu sekitar pukul 12.30 WIB, mereka menggelar long march menuju Graha Persib.

Iring-iringan Bobotoh pun dalam aksi ini diikuti dua mobil bak terbuka. Mobil komando beserta ribuan Bobotoh tiba di Graha Persib sekitar pukul 13.00 WIB.

[Gambas:Video CNN]



(hyg/rhr)
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TERPOPULER