Shin Tae Yong Minta Egy dan Witan Jangan Kidal Banget

jun | CNN Indonesia
Kamis, 29 Sep 2022 04:21 WIB
Shin Tae Yong secara khusus memberikan nasihat kepada duo winger kidal Timnas Indonesia, Egy Maulana Vikri dan Witan Sulaeman. Witan Sulaeman jadi incaran pelanggaran para pemain Curacao. (CNNIndonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia --

Shin Tae Yong secara khusus memberikan nasihat kepada duo winger kidal Timnas Indonesia, Egy Maulana Vikri dan Witan Sulaeman.

Hal tersebut terungkap dalam YouTube PSSI berjudul, Momen di Balik Kemenangan Timnas Indonesia senior Kontra Curacao.

Beberapa saat sebelum kick off, STY didampingi penerjemahnya mengajak Egy dan Witan berdiskusi di tengah lapangan. Tema yang dibahas adalah menyeimbangkan kekuatan kaki kanan kedua pemain.

Witan mengaku sudah terbiasa menggunakan kaki kiri sejak kecil. Egy Maulana pun mengatakan secara natural ia lebih percaya diri memakai kaki kiri.

STY pun menyinggung soal tembakan kaki kanan Witan yang melambung jauh di atas mistar gawang. Padahal jarak tembak pemain kelahiran Palu itu terbilang ideal.

Pada laga ujicoba pertama lawan Curacao di Bandung, Witan punya peluang bagus untuk mencetak gol di kotak penalti. Namun, tembakannya malah melambung tinggi di atas mistar gawang karena menggunakan kaki kanan.

"Di pertandingan pertama itu bukan emosi, saya ingin kasih tembakan keras sekali begitu," kata Witan menjawab pertanyaan Shin tae Yong di YouTube PSSI.

Shin meminta keduanya mulai membiasakan menembak dengan kaki kanan untuk menyeimbangkan kekuatan. Salah satu caranya adalah melatih tendangan kaki kanan lebih rutin.

"Coba pola pikirnya juga diubah. Anggap saja menendang kaki kanan seperti saat melakukan tendangan dengan kaki terkuat kalian," ujar Shin Tae Yong.

Diskusi tersebut terjadi beberapa jam sebelum kick off Indonesia vs Curacao jilid kedua di Stadion Pakansari, Bogor, Selasa (27/9).

Meski tak cetak gol, Witan punya jasa besar untuk membawa Indonesia menang 2-1 atas Curacao. Gol pertama Indonesia tercipta setelah tembakan kaki kiri Witan gagal diblok sempurna oleh kiper lawan. Bola kemudian bergulir di tengah kotak penalti yang sukses disambar Dimas Drajad.

Gol kedua Indonesia juga terjadi berkat andil Witan. Pemain AS Trencin itu lebih dulu mengecoh beberapa bek lawan sebelum mengirim assist ke depan gawang yang sukses diteruskan Dendy Sulistyawan.

[Gambas:Video CNN]

(jun/jun)


[Gambas:Video CNN]
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TERPOPULER